PDAM bersihkan bak penampungan air baku jelang musim hujan

id pdam oku,pembersihan bak air, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

PDAM bersihkan bak penampungan  air baku jelang musim hujan

Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membersihkan bak penampungan air baku di Unit Pengolahan  Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur menjelang musim hujan guna meningkatkan kualitas air bersih ke saluran pelanggan di wilayah itu.

"Pembersihan ini dilakukan karena sudah banyak lumpur yang mengendap di bak penampungan air di UP Tanjung Baru," kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno didampingi Kasi Produksi, Eko Suprianto di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, tiga bak penampungan air baku di UP Tanjung Baru ini tidak dibersihkan sejak enam bulan terkahir sehingga harus dikuras guna membersihkan endapan lumpur yang mengendap agar kualitas air tidak keruh.

"Ketebalan lumpur yang mengendap sudah mencapai 1,5 meter sehingga harus dikuras agar air yang mengalir ke pipa pelanggan kembali jernih," katanya.

Dia mengemukakan, pembersihan di tempat bak penampungan air ini dilakukan pihaknya menjelang musim penghujan di beberapa UP pengolahan air baku milik PDAM OKU.

"Unit pengolahan air baku yang sudah kami bersihkan dari lumpur yaitu di UP Pasar Atas dan Bakung," katanya.

Lumpur halus yang mengendap ini, kata dia, berasal dari air sungai yang ikut tersedot sejak Sungai Ogan mulai dangkal akibat musim kemarau panjang tahun ini hingga masuk ke bak penampungan air baku.

"Bahkan lumpur yang mengendap di UP Pasar Atas ini mencapai ketebalan 3,5 meter, namun proses pembersihannya sudah kami lakukan dan air bersih yang diterima pelanggan sekarang sudah jernih," kata dia.

Menurut dia, pembersihan seluruh UP milik PDAM ini sengaja dilakukan saat memasuki musim penghujan agar petugas lebih mudah membersihkan lumpur yang mengendap di bak penampungan air tersebut.

"Kalau sudah masuk musim hujan pembersihan sulit dilakukan. Oleh karena itu kami upayakan sebelum memasuki pergantian musim seluruh UP sudah dibersihkan termasuk UP di Batukuning," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar