Sekjen MPR bantah menyiapkan paranormal untuk gladi bersih

id Gladi bersih,Sekjen MPR bantah siapkan paranormal,Sekjen MPR,MPR,Paranormal

Sekjen MPR bantah menyiapkan paranormal untuk gladi bersih

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (Sekjen MPR), Ma'ruf Cahyono saat ditemui wartawan sebelum gladi bersih di Ruang Rapat Paripurna I Gedung MPR/DPR/DPR Jakarta, Jumat (18/10/2019) (ANTARA/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono mengatakan tidak pernah mempersiapkan paranormal untuk persiapan atau gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

"Enggak ada, perencanaannya enggak itu ya," ujar Ma'ruf saat diwawancarai wartawan di Ruang Rapat Paripurna I Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta, Jumat.

Ia juga belum tahu siapa yang mengundang paranormal tersebut. Justru dia mau mencari tahu mengapa orang tersebut bisa datang ke gedung MPR/DPR/DPD.

"Justru itu kenapa harus dicari tahu kenapa dia ke sana," ujar Ma'ruf.

Menurut Sekjen MPR itu, paranormal itu sama seperti orang biasa yang datang berkunjung dan berbuat sesuatu di MPR. Kegiatannya tersebut menurut Sekjen MPR adalah sesuatu yang tak terduga.

"Mbak, datang ke sini terus baca puisi. Kan salah juga nanti. Kecuali saya yang mengundang," ujar Ma'ruf sembari tertawa.

Menurut dia, MPR tidak pernah mengundang seseorang untuk melakukan ritual khusus sebelum pelantikan.

Meski demikian, MPR tidak merasa terganggu dengan kehadiran orang yang mengaku paranormal tersebut.

"Saya kira doa juga mereka ya, tentu dengan caranya berdoa," ujar Ma'ruf.

Apabila kegiatan itu dilakukan saat persidangan Minggu nanti, baru MPR akan merasa terganggu.

Sekjen MPR tak mempermasalahkan karena kejadian itu sudah terjadi. Namun, ia meminta agar aparat keamanan sigap jika diperlukan.

"Ya bagaimana lagi, itu kan sudah terjadi. Kalau memang nanti ada hal-hal yang berpotensi tentu ada sanksi pasti," ujar Ma'ruf. Jumat tadi, media sosial diramaikan dengan postingan video seorang lelaki dengan busana serba hitam yang diketahui bernama Ki Sabdo.

Dalam video berdurasi pendek sekitar dua menit, terlihat Ki Sabdo duduk bersila atau bersemedi tepat di depan pintu gedung Nusantara V.

Hampir sekitar 20 detik lebih, Ki Sabdo bersemedi, sampai akhirnya menangkupkan kedua belah tangannya di wajah.

Lantas, dirinya berdiri dan menyampaikan apa yang sedang dilakukannya. Setelah ada sebuah pertanyaan dari seseorang yang tak terlihat di dalam video.

Ki Sabdo menyampaikan, bahwa dirinya sedang berada di gedung DPR dan melakukan gladi bersih.