Polres OKU siagakan 500 personel pengamanan pelantikan Presiden RI

id Pelantikan presiden, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Polres OKU siagakan 500  personel pengamanan pelantikan Presiden RI

Teks Foto : Kapolres OKU, AKBP Tito Travolta Hutauruk saat memimpin gelar apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di halaman Mapolres OKU. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyiagakan sebanyak 500 personel pengamanan menjelang pelantikan Presiden RI yang akan digelar pada 20 Oktober 2019.

"500 personel yang kami siagakan ini untuk mengamankan pelantikan presiden nanti," kata Kapolres OKU, AKBP Tito Travolta Hutauruk di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, ratusan personel gabungan yang disiagakan ini akan diterjunkan jika terjadi kerusuhan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI berlangsung di Jakarta pada 20 Oktober 2019 mendatang.

"Bila pelantikan nanti berlangsung lancar maka seluruh personel tersebut akan kembali ke satuan masing-masing di Polres OKU," katanya.

Dia mengemukakan, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2019 pihaknya juga telah melaksanakan gelar apel kesiapan pengamanan yang diikuti seluruh personel Polres OKU dan sejumlah jajaran pemerintah daerah setempat serta TNI Kodim 0403 OKU.

Dia menuturkan, pelaksanaan apel gelar pasukan pada Rabu (16/10) kemarin tersebut merupakan bentuk kesiapan pengamanan yang dilakukan seluruh jajaran Polres di Indonesia termasuk di Kabupaten OKU untuk mengamankan pelantikan Presiden RI pada 20 Oktober 2019.

Menurut dia, kegiatan apel pasukan ini perlu dilakukan untuk memantau setiap pergerakan terkecil sekalipun yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas sehingga bisa teratasi.

"Apalagi saat ini dinamika suhu politik dan dinamika masyarakat semakin mengalami peningkatan sehingga perlu kewaspadaan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi," katanya.

Kerawanan kamtibmas ini, lanjut dia, ditandai terjadinya pergerakan massa di sejumlah daerah sehingga keadaan seperti ini harus diantisipasi agar tidak terjadi menjelang hingga pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berlangsung.

"Situasi dan kondisi politik saat ini sangat menuntut kesiapan Polri untuk bersinergi dengan TNI dan instansi lainnya dalam melakukan pengamanan," tegasnya.

Dia menegaskan, Polri bersama dengan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat khususnya di Kabupaten OKU diharapkan dapat bekerjasama dalam menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang pelantikan Presiden RI mendatang.

"Dengan bersinergi antara seluruh stakeholder tentunya kita dapat menjaga wilayah hukum Polres OKU ini agar tetap aman dan kondusif," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar