Pemkab OKU Timur tingkatkan mutu hewan ternak

id kualitas ternak OKU Timur,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemkab OKU Timur tingkatkan mutu hewan ternak

Kepala Dinas Peternakan dan Perikan OKU Timur, Tubagus Sunarseno. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan mutu hewan ternak seperti ayam, sapi dan kambing, untuk menaikkan nilai jual ternak.

"Jika harga jual tinggi tentunya dapat meningkatkan perekonomian para peternak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikan OKU Timur, Tubagus Sunarseno di Martapura, Selasa.

Upaya meningkatkan kualitas hewan ternak ini, kata dia, pihaknya mengajak para peternak rutin membersihkan kandang hewan peliharaannya agar ternak dalam kondisi sehat..

Selain dapat mencegah penyakit pada hewan, pembersihan kandang ini juga mempercepat pertumbuhan hewan yang dipelihara oleh masyarakat tersebut agar berkembang biak dengan sempurna.

"Jika kandangnya bersih tentunya dapat mencegah penularan penyakit hewan dan hewanpun dapat berkembang biak dengan cepat," katanya.

Selain itu, pemberian obat kekebalan tubuh secara rutin untuk hewan yang dipelihara seperti ayam, sapi dan kambing juga perlu diberikan agar kebal dari penyakit.

Dia juga menyarankan agar para peternak mengasuransikan hewan yang dipelihara tersebut guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Seperti jika hewan ternak mati atau hilang maka bisa diganti oleh pihak perusahaan asuransi," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau petugas UPT di setiap kecamatan agar memberikan pendampingan kepada para peternak supaya paham dan mengerti cara beternak yang baik.

"Mudah-mudahan cara yang dilakukan ini dapat meningkatkan mutu sekaligus menambah produksi hewan ternak di Kabupaten OKU Timur ini," harapnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar