Disnakan Ogan Komering Ulu Timur ajak masyarakat gemar makan ikan

id Gemar makan ikan,disnakan ogan komering ulu timur kampanye gemarikan,kampanye gemarikan, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemb

Disnakan Ogan Komering Ulu Timur  ajak masyarakat gemar makan ikan

Teks Foto : Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Tubagus Sunarseno. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan mengajak masyarakat di wilayah itu agar gemar makan ikan karena dagingnya banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh.

"Daging ikan banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh manusia sehingga masyarakat dianjurkan untuk gemar makan ikan (Gemarikan) sesuai dengan program pemerintah pusat," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Tubagus Sunarseno di Martapura, Kamis.

Untuk mendukung program Gemarikan ini, kata dia, pihaknya juga melakukan sosialisasi guna mengajak masyarakat di wilayah itu untuk rutin mengkonsumsi daging ikan sebagai lauk pauk makanan.

Dalam sosialisasi Gemarikan belum lama ini tersebut pihaknya membagikan 200 paket olahan makanan berbahan dasar dari ikan berupa nuget dan kue brownies pada sejumlah kelompok belajar (KB) Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan taman kanak-kanak (TK) di Kecamatan Martapura.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung pemanfaatan sumber daya ikan sekaligus memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan dasar dari ikan," tegasnya.

Menurut dia, daging ikan air tawar dan laut adalah makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh manusia dan dapat meningkatkan kecerdasan pada anak.

Dia menjelaskan, daging ikan ini mengandung 18 persen protein terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan.

"Sedangkan kandungan lemaknya 1-20 persen lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh," jelasnya.

Kandungan lemak pada daging ikan ini sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah.

"Lemak merupakan salah satu unsur besar dalam ikan. Sedangkan, unsur lainnya adalah protein, vitamin dan mineral," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, daging ikan juga mempunyai serat-serat protein lebih pendek dibandingkan serat protein pada daging sapi atau ayam yang baik untuk pencernaan.

"Oleh karena itu ikan dan hasil produknya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami kesulitan pencernaan sebab mudah dicerna," kata dia.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar