Polda Sumsel tingkatkan kamtibmas sukseskan persiapan Pilkada 2020

id Kapolda, polda sumsel, kamtibmas, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Polda Sumsel tingkatkan kamtibmas  sukseskan persiapan Pilkada 2020

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli Bahuri ketika melakukan kunjungan ke kantor DPD PDIP Sumsel. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli Bahuri menyatakan pihaknya berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk menyukseskan persiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tujuh kabupaten dalam provinsi setempat pada 2020.

Untuk meningkatkan Kamtibmas, pihaknya mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat mempertahankan keamanan dan ketertiban yang terpelihara dengan baik selama ini, kata Irjen Pol Firli di Palembang, Kamis.

Dengan kondisi Kamtibmas yang kondusif sejumlah agenda pembangunan dan politik pada tahun ini dan menghadapi pemilihan kepala daerah serentak di tujuh kabupatren dalam wilayah provinsi ini pada 2020 bisa berjalan sesuai harapan bersama.

Menurut dia, semua elemen masyarakat termasuk wartawan diminta bersama-sama berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang telah terpelihara dengan baik selama ini.

Kondisi kamtibmas tersebut jangan sampai terganggu karena pengaruh situasi politik, permasalahan sosial dan hukum.

"Semua elemen masyarakat berperan besar dalam mencegah terjadi hal-hal berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, serta menjaga kerukunan beragama, suku, ras, adat dan budaya," ujarnya.

Adanya partisipasi semua elemen masyarakat, diharapkan setiap adanya ancaman gangguan kamtibmas dapat terdeteksi sejak dini serta bisa dilakukan tindakan penanganan secara cepat dan tepat.

Kondisi kamtibmas yang kondusif sekarang ini jangan sampai terganggu karena pengaruh situasi politik atau hal-hal yang sengaja dilakukan pihak tertentu untuk menimbulkan keresahan masyarakat.

Jika kondisi kamtibmas terganggu, masyarakat tidak bisa melakukan kegiatan rutin dengan aman dan nyaman serta kegiatan pembangunan dan persiapan pelaksanaan pilkada di tujuh daerah seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Pali, Musirawas, dan Kabupaten Musirawas Utara terhambat, kata Kapolda.