Tiga sekolah di Ogan Komering Ulu ikuti penilaian Lomba Sekolah Sehat

id sekolah sehat

Tiga sekolah di Ogan Komering Ulu  ikuti penilaian Lomba Sekolah Sehat

Teks Foto : Sekda OKU Achmad Tarmizi saat membuka Penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) di SD Negeri 23 Kemelak Baturaja. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Tiga sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengikuti penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Sumsel guna meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah setempat.

Sekretaris Daerah Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Tarmizi di Baturaja, Kamis mengemukakan Lomba Sekolah Sehat tahun 2019 ini diikuti tiga sekolah di Kabupaten OKU yaitu SD Negeri 23, SMP Negeri 13, dan SMA Negeri 2 Batumarta.

Menurut dia, LSS ini sangat penting dilaksanakan sebagai kegiatan tahunan yang bersifat nasional dan strategis serta berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Melalui kegiatan ini, kata dia, diharapkan memberikan motivasi terhadap seluruh pengelola, pelaksana dan pembina program UKS di setiap sekolah di wilayah setempat agar dapat mengikuti lomba sekolah sehat guna memajukan dunia pendidikan di Kabupaten OKU.

Dia berharap kegiatan ini tidak semata-mata meningkatkan kualitas pendidikan untuk menuju sekolah sehat saja, melainkan juga dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan IPM khususnya melalui jalur pendidikan.

"Mudahan-mudahan melalui kegiatan LSS ini dunia pendidikan di Kabupaten OKU semakin maju sehingga dapat melahirkan generasi muda yang cerdas dan penuh kreativitas," harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai LSS Provinsi Sumsel, Ismawati menambahkan pada penilaian lomba sekolah sehat ini terdapat beberapa kriteria sekolah yang dinilai antara lain yaitu pembinaan UKS, pemantauan oleh pembina, pekarangan dan kesehatan sekolah.

Selain itu, lanjut dia, masalah kebersihan sekolah juga menjadi hal yang sangat penting untuk dinilai mulai dari kebersihan sarana dan prasarana kelas, ruang guru, kantin serta toilet.

"Kemudian sarana air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS juga akan kami nilai untuk menjadi pemenang Penilaian LSS tersebut," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar