Belanda dan Australia janji kejar keadilan atas jatuhnya pesawat MH17

id Belanda, Australia,Jatuhnya MH17,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Belanda dan Australia janji kejar keadilan atas jatuhnya pesawat MH17

Penyelidik Belanda dan anggota Kementerian Darurat bekerja di lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di dekat desa Hrabove, Donetsk, Ukraina timur. (Antaranews)

Sydney (ANTARA) - Australia dan Selandia Baru pada Rabu mengatakan akan mengejar tuntutan pidana bagi pihak yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat MH17 milik Malaysia Airlines yang menewaskan 298 orang bahkan jika itu memakan waktu bertahun-tahun.

Pesawat tersebut ditembak jatuh pada 17 Juli 2014, di atas wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia di Ukraina timur saat terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, menewaskan semua orang yang berada di pesawat.

Tim investigasi yang dipimpin Belanda pada Juni mendakwa tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina dengan pembunuhan, meski tersangka tampaknya akan disidang secara absentia di Belanda.

"Kami tidak akan berhenti sebelum kasus pengadilan itu ditutup dengan cara, di mana kami merasakan adanya keadilan," kata Perdana Menteri Belanda Mark Rutte saat mengunjungi Australia.

"Itu bisa memakan waktu hingga bertahun-tahun dari yang kita inginkan," kata Rutte saat konferensi pers gabungan dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Sebagian besar penumpang MH17 adalah warga negara Belanda, namun puluhan warga negara Australia juga ikut tewas.

"Kami saling bahu membahu dan akan terus mengejar keadilan dalam kasus ini selama itu diperlukan dan tidak akan berhenti," kata Morrison.

Tim investigasi gabungan yang dibentuk oleh Australia, Belgia, Malaysia, Belanda dan juga Ukraina menemukan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal Rusia.
Sumber: Reuters