Dinas Perikanan Ogan Komering Ulu Timur akan tebar 200 benih ikan

id Benih ikan,Ogan Komering Ulu

Dinas Perikanan  Ogan Komering Ulu Timur akan tebar 200 benih ikan

Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Timur, Tubagus Sunarseno. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan pada tahun ini akan menebar sebanyak 200 ribu benih ikan mas untuk dibudidayakan di tempat penampungan perairan umum atau Cek Dam wilayah setempat.

"Rencananya penebaran ratusan ribu benih ikan jenis Ikan Mas ini akan dilakukan pada Desember 2019," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Timur, Tubagus Sunarseno di Martapura, Rabu.

Dia menjelaskan, 200 ribu bibit ikan ini akan ditebar di Cek Dam wilayah Kecamatan Jayapura dan Madang Suku III untuk dibudidayakan oleh kelompok tani di wilayah itu.

Ratusan ribu benih ikan ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Perikanan Budidaya untuk dibudidayakan guna membantu meningkatkan perekonomian para petani ikan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.



"Bantuan ini diberikan pemerintah pusat sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian para kelompok tani ikan di Ogan Komering Ulu Timur," katanya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya sudah mempunyai 40 keramba ikan yang dikelola oleh kelompok tani yang tersebar dibeberapa di wilayah setempat yaitu Kecamatan BP Peliung, BP Bangsa Raja, Madang Suku III, Martapura dan Madang Suku II.

Setiap satu keramba berukuran 2x4 meter tersebut diisi sebanyak 1.000 ikan berbagai jenis salah satunya Ikan Mas yang dikelola oleh kelompok tani di kecamatan masing-masing.

"Totalnya hingga saat ini ada sekitar 40 ribu benih ikan yang siap dipanen. Jika sudah panen nanti setiap keramba ini akan diisi kembali oleh petani sehingga dapat berkembang biak guna memenuhi kebutuhan hidup para kelompok tani di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini," harapnya.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar