LIPI konservasi tuna capai ekosistem laut berkelanjutan

id LIPI, Ekosistem laut berkelanjutan, konservasi tuna

LIPI konservasi tuna capai ekosistem laut berkelanjutan

Deputi LIPI Bidang Ilmu Kebumian Dr. Zainal Arifin usai mengisi sesi diskusi di hari kedua Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference 2019 Indonesia yang digelar di Hotel Jakarta, Rabu (9/10/2019). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan upaya konservasi sumber daya ikan tuna guna mendukung tujuan pembangunan ekosistem laut yang berkelanjutan.

"Kita punya pusat unggulan IPTEK, konservasi tuna," kata Deputi LIPI Bidang Ilmu Kebumian Dr. Zainal Arifin usai mengisi sesi diskusi di hari kedua Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference 2019 Indonesia yang digelar di Jakarta, Rabu.

LIPI mengupayakan konservasi tersebut dengan mempelajari lokasi-lokasi daerah anakan ikan, terutama ikan tuna yang ada di Indonesia.

Riset dalam upaya konservasi tersebut, katanya, perlu dilakukan untuk mencari tahu habitat lain ikan tersebut, tempatnya bertelur dan beranak.

"Karena kalau ikan tuna itu kita tangkap terus, kita tidak tahu di mana tempat bertelurnya, tempat beranaknya, bisa habis itu. Oleh karena itu kita perlu riset untuk mengkaji ini," katanya.

Selain melakukan konservasi ikan tuna, untuk mencapai tujuan pembangunan ekosistem laut yang berkelanjutan LIPI juga melakukan penelitian tentang pemanfaatan mikro algae untuk pangan.

Mereka juga mengupayakan pengembangan jejaring untuk pengurangan keasaman laut.

"Kita observasi, seberapa jauh penurunan pengasaman laut yang harus kita lakukan," katanya.