Kota Palembang masih diselimuti asap akibat titik panas belum habis

id asap palembang, karhutla sumsel,palembang kembali diselimuti asap,asap lagi,titik panas di sumsel,luas lahan terbakar di,berita sumsel, berita palemba

Kota Palembang  masih diselimuti asap akibat titik panas belum habis

Asap tipis menyelimuti Kota Palembang pada sore hari, Senin (7/10) (ANTARA/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Kota Palembang masih diselimuti asap pada pagi dan sore hari meski sempat turun hujan karena masih ada titik panas di Provinsi Sumatera Selatan yang mengirimkan asap ke kota tersebut.

Hampir seluruh Kota Palembang pada Senin terpapar kabut bercampur asap agak pekat dengan bauk menyengat pada pagi hari dan pada sore hari.

"Asap masih berasal dari wilayah tenggara Kota Palembang yang titik panasnya terpantau Lapan masih banyak," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji.

Wilayah itu meliputi Pampangan, Banyu Asin 1, Pedamaran, Tulung Selapan, Cengal, Pematang Panggang dan Mesuji di Kabupaten OKI.

Namun menurutnya hujan akan mengguyur beberapa wilayah yang terdapat titik panas tersebut dalam waktu dekat, sehingga diharapkan intensitas asap kiriman dapat berkurang atau bahkan hilang.

Akibat kabut asap pada pagi hari juga, sebanyak sembilan jadwal penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dilaporkan tertunda (delay) akibat jarak pandang berkurang.

"Jarak pandang baru pulih pada pukul 07.30 WIB, jadi ada jadwal keberangkatan yang delay hingga satu jam," kata Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Fahroji.

Sementara itu berdasarkan data BPBD Sumsel, hingga saat ini sudah ada 106.307 hektare lahan yang terbakar sepanjang 2019, paling banyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (40.165 hektar), Musi Banyuasin (30.279), dan Banyuasin (18.094).
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar