Gubernur Sumsel kirim bidan ke pelosok desa

id Bidan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel  kirim bidan ke pelosok desa

Gubernur Sumsel lepas bidan desa (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengirim puluhan bidan ke desa terpencil guna mencegah kematian ibu dan bayi di provinsi tersebut.

"Angka kematian ibu dan bayi di Sumatera Selatan masih terjadi dan itu perlu diminimalisir,"  kata Herman di Palembang, Senin.

Meski tidak terlalu signifikan, angka kematian ibu dan bayi di Sumsel harus mendapat perhatian sehingga perlu dikirim tenaga kesehatan ke desa - desa.

"Kita tahu sebaran dokter di Sumsel ini masih terbatas apalagi di pelosok desa, makanya peran bidan ini sangat kita butuhkan. Mereka ini mitra penting kita. Mitra spesial karena dengan alat sederhana mereka tetap gigih melayani masyarakat terutama ibu dan anak. Ini sangat saya apresiasi sekali," ujar gubernur.

Gubernur Sumsel itu mengatakan, sebagai tenaga kesehatan yang telah mandiri diharapkan Bidan Delima dapat menjalankan fungsinya melindungi kesehatan reproduksi melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan.

Herman yakin dengan kemampuannya para bidan ini dapat memberikan layanan berkualitas pada masyarakat sesuai standar pelayanan yang telah ditentukan.

Dia mengatakan, kedekatannya dengan organisasi bidan bukan hanya saat dirinya menjadi Gubernur Sumsel tapi sudah jauh hari sebelumnya saat ini menjabat Bupati Ogan Komering Ulu Timur.

Oleh karena itu pihaknya sangat mendukung program bidan desa karena itu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama warga di desa.

Hal ini karena bagi pihaknya kemitraan itu penting dan dirinya gembira bisa melepas puluhan Bidan Delima untuk masyarakat Sumsel.

Gubernur berpesan kepada para tenaga kesehatan itu bekerjalah dengan ikhlas karena bidan sangat dibutuhkan masyarakat. Jaga kepercayaan yang sejak lama diberikan masyarakat pada profesi ini.

Ia mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Sumsel terus berupaya menyediakan infrastruktur yang baik bagi masyarakat Sumsel.

Upaya ini dilakukan untuk memudahkan pasien yang membutuhkan waktu cepat untuk tiba di rumah sakit rujukan, kata dia.

Selain melepaskan bidan ke desa, sebagai bentuk perhatiannya pada IBI Sumsel, Gubernur memberikan bantuan satu unit kendaraan operasional secara langsung.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar