Penyebab Pep Guardiola Jarang mainkan pemain jebolan akademi City

id Pep Guardiola,Manchester City,Liga Inggris

Penyebab Pep Guardiola Jarang mainkan pemain jebolan akademi City

Pelatih Manchester City asal Spanyol Pep Guardiola saat mendampingi timnya di pertandingan Liga Champion Grup C melawan Dinamo Zagreb di Etihad Stadium, Manchester, Inggris pada 1 Oktober 2019 Manchester.(Action Images via Reuters/CARL RECINE)

Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola beralasan bahwa tingginya ekspektasi untuk memenangkan trofi di Manchester City adalah faktor utama di balik kurangnya bakat muda yang menembus skuat utama juara Liga Premier Inggris itu.

Phil Foden adalah satu-satunya jebolan akademi Manchester City yang tampil di Liga Premier Inggris di tim utama, meski baru bermain hanya 10 menit.

Guardiola bahkan harus meminta maaf kepada Foden pada pertengahan pekan karena jarang memberikan waktu bermain bagi pemain berusia 19 tahun itu setelah mencetak gol dalam kemenangan 2-0 di Liga Champions atas Dinamo Zagreb.

City membuka akademi yang bernilai jutaan poundsterling mereka pada 2014, tetapi mereka malah kesulitan untuk menyaingi akademi Chelsea, yang telah mengorbitkan Tammy Abraham, Mason Mount dan Fikayo Tomori di tim utama.

Embargo di dua jendela transfer juga dianggap sebagai faktor besar Chelsea harus memanfaatkan para pemain akademi mereka.

Ketika ditanya mengapa dalam beberapa tahun terakhir City produk akademi mereka tidak berkembang di tim utama, Guardiola mengatakan: "Pada dasarnya tim-tim ini (seperti Manchester City) semua perlu memenangkan gelar dan hadiah."

"Proses untuk para pemain muda membutuhkan waktu dan cara terbaik adalah perlahan-lahan untuk para pemain yang kami miliki."

"Namun, permintaan untuk klub, tidak (harus) memenangkan Liga Champions tetapi berada di sana sepanjang waktu di semua kompetisi, dan untuk itu dibutuhkan pemain lebih berpengalaman yang kita miliki."

"Kita punya pemain-pemain berbakat, ketika mereka berbakat mereka akan bermain. Tetapi pada saat yang sama kita harus bersaing setiap hari untuk bertarung dengan tim terbaik di Inggris dan Eropa."

"Kami membutuhkan pemain seperti David Silva, Kevin de Bruyne, Sergio Aguero dan Fernandinho - semua tipe pemain ini," ujar pelatih asal Spanyol tersebut yang dilansir Sky Sports (06/10).

Pemain-pemain akademi seperti Taylor Harwood-Bellis, yang melakukan debut di utama, Eric Garcia dan Adrian Bernabe semuanya tampil saat City menang 3-0 melawan Preston di putaran ketiga Piala Carabao bulan lalu.

"Dengan pemain muda Anda tidak bisa melakukannya," ujar Guardiola.

"Para pemain muda bisa menjadi bantuan bagi yang lain, tetapi untuk memiliki fondasi skuat (pemain) muda itu tidak mungkin."(sumber Sky Sports)