Kemendikbud selenggarakan pameran batik

id Peringatan hari batik, hari batik nasional, pameran batik, kegiatan batik,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara har

Kemendikbud  selenggarakan pameran batik

Ilustrasi - Perajin menyelesaikan proses pembuatan motif batik di Desa Klampar, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (2/10/2019). ANTARA FOTO/Saiful Bahri/hp. (ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan sejumlah acara, seperti pameran batik, diskusi hingga lomba membatik pada peringatan Hari Batik Nasional 2019.

"Kami minta seluruh kementerian ada nuansa batiknya, bukan hanya pakaian, tetapi juga ruangan didekorasi dan didesain sedemikian rupa untuk mengingatkan keragaman batik. Selain itu, nanti ada peragaan busana, seminar, lokakarya tentang batik dan sebagainya," jata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Hilmar mengatakan, saat ini batik dapat dipromosikan tidak hanya melalui pakaian, tetapi berbagai produk baru bisa digunakan sebagai media promosi.

"Namun yang pasti batik sebagai kekayaan intelektual kita itu memang produk warisan turun temurun. Sekarang banyak mendiskusikan pengembangan-pengembangan pemanfaatannya. Kalau selama ini kan cuma pakaian ya, jadi aplikasinya sekarang kita juga lihat di berbagai produk lain. Itu yang sekarang kita fokuskan,” ujar dia.

Batik ditetapkan masuk ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO. Melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage UNESCO, batik resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia ke-3 pada 2009.

Pada naskah yang disampaikan ke UNESCO, batik adalah teknik menghias kain yang mengandung nilai, makna dan simbol-simbol budaya. Keterampilan membatik diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi penanda peradaban bangsa Indonesia.

Batik merupakan sebuah proses, memiliki nilai lebih dari selembar kain bermotif. Kain batik menjadi sarana manifestasi dari kesabaran, ketekunan, ketelitian serta falsafah hidup pembuat batik. Batik yang dimaksud adalah kain yang digambar dengan menggunakan alat tradisional yang disebut canting atau cap tembaga untuk mempercepat proses pembuatannya.