Pemkab Ogan Komering Ulu sebar 73 kotak sampah

id sampah,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemkab Ogan Komering Ulu sebar  73 kotak sampah

Pemkab Ogan Komering Ulu, Sumsel menyebar 73 buah kotak sampah di enam kelurahan wilayah Kecamatan Baturaja Timur. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyebar sebanyak 73 kotak sampah di enam kelurahan di Kecamatan Baturaja Timur dalam upaya menanggulangi masalah sampah.

"Kotak sampah yang kami sebar di kawasan Kota Baturaja ini terdiri atas 35 buah ukuran besar dan sisanya berukuran kecil," kata Sekretaris Camat Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Suryadi di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, anggaran pengadaan puluhan kotak sampah ini berasal dari Dana Kelurahan enam kelurahan di Kecamatan Baturaja Timur meliputi Sukaraya, Sekarjaya, Baturaja Permai, Kemelak Bindung Langit, Sukajadi dan Kelurahan Pasar Baru.

"Totalnya ada 73 buah kotak sampah yang pembagiannya dibagi langsung oleh RT/RW yang ada di kelurahan masing-masing," katanya.

Pembagian kotak sampah ini bertujuan untuk mengurangi volume sampah di wilayah setempat sekaligus sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah dalam meraih piala Adipura.

Selain itu, kata dia, dengan bebas dari sampah juga dapat mengantisipasi terjadinya bencana banjir mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

"Sampah yang menumpuk di saluran air sering kali menjadi penyebab banjir sehingga dengan adanya kotak sampah ini masyarakat diharapkan tidak lagi membuang sampah sembarangan," katanya.

Dia berharap agar kotak sampah yang disediakan tersebut dapat dijaga oleh masyarakat sekitar dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai tempat pembuangan sampah.

"Kotak sampah ini jangan sampai dirusak agar masyarakat memiliki tempat membuang sampah," tegasnya.