Pemimpin harus tunjukkan ideologi Pancasila berfungsi

id Hari Kesaktian Pancasila,Pancasila,Ideologi Pancasila

Pemimpin harus tunjukkan ideologi Pancasila berfungsi

Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Yusny Saby (ANTARA/HO Dok.Pribadi)

Banda Aceh (ANTARA) - Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Yusny Saby mengatakan pancasila merupakan ideologi yang telah disepakati oleh bangsa, karena itu pemimpin harus menunjukkan bahwa selama ini ideologi tersebut berfungsi di kalangan masyarakat.

"Paling penting sekarang ini Pancasila, UUD 1945, Binneka Tunggal Ika, dan NKRI ini perlu diimplementasi dalam kebijakan pemerintah ini, ini tantangan bagi pemimpin formal maupun nonformal," katanya, di Banda Aceh, Selasa.

Dia mengatakan, pemimpin di Indonesia harus mampu menunjukkan bahwa ideologi Pancasila tersebut selalu hidup dalam kalangan masyarakat, bahkan jika ada yang mengganggu atau menentang ideologi tersebut maka harus segera diselesaikan.

"Pancasila ini sudah kesepakatan bangsa ya, dan kita ini sudah berkali-kali diuji, ditantang, Ini memang  timbul dari ide dan dari pengalaman dunia bahwa kita harus bersatu," katanya.

Menurut Prof Yusny, sejarah penjajahan yang panjang menimbulkan kesadaran para pendiri bangsa Indonesia dalam merumuskan Pancasila sebagai pemersatu, yang bisa mengakomodir pelbagai macam suku, budaya, kepercayaan seluruh nusantara dalam satu ideologi.

Maka kata dia, implementasi Pancasila tersebut perlu dilakukan seperti melalui penyelenggaraan undang-undang, hukum, dan sebagainya, misalnya dalam upaya meluruskan penegakan hukum terutama sekali dalam tindak korupsi dan berbagai kasus agraria.

"Karena itu menurut saya pemerintah harus kuat berpegang pada Pancasila, undang-undang dan segala kebijakan yang diputuskan dengan juga memperhatikan sensitivitas berbagai macam masyarakatnya. Inilah pemersatu bangsa," katanya.