Ribuan warga Ogan Komering Ulu menderita penyakit ISPA

id ISPA

Ribuan warga Ogan Komering Ulu menderita  penyakit ISPA

Teks Foto : Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu, Andi Prapto. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Ribuan warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menderita penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang disebabkan karena beberapa faktor terutama oleh debu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu, Andi Prapto di Baturaja, Senin, menyebutkan pada tahun ini terhitung sejak Januari hingga Agustus pihaknya mencatat ada sekitar 6 ribu warga setempat yeng menderita ISPA.

Jumlah tersebut, menurut dia didapat dari 18 Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di wilayah setempat yang menangani penderita penyakit saluran pernafasan.

"Berdasarkan hasil kunjungan kami di 18 Puskesmas tercatat sekitar 6 ribu warga OKU yang terserang ISPA," ujarnya.

Dia mengatakan, penderita ISPA ini disebabkan karena beberapa faktor seperti alergi debu, suhu cuaca ekstrim, daya tahan tubuh lemah dan faktor lainnya.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini bagi penderitanya yaitu dimulai sakit tenggorakan, pilek, batuk yang tidak kunjung reda dan demam tinggi.

"Biasanya orang yang terserang ISPA ini diawali dengan pilek kemudian batuk hingga sesak nafas," tambahnya.

Jika mengalami gejala tersebut, ia menyarankan kepada masyarakat untuk segera melakukan pengobatan di Puskesmas terdekat agar dapat diobati.

"Penyakit ini dapat diobati sehingga bagi masyarakat yang mengalami gejala ISPA kami sarankan agar segera berobat supaya dapat diobati," ujarnya.