Charles Leclerc raih pole position GP Rusia

id kualifikasi grand prix rusia,gp rusia,charles leclerc,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Charles Leclerc raih pole position GP Rusia

Pebalap Ferrari Charles Leclerc melakukan selebrasi usai meraih pole position Grand Prix Rusia di Sochi Autodrom, Sabtu. (28/9/2019) Reuters/Maxim Shemetov

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ferrari Charles Leclerc meraih pole position Grand Prix Rusia setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu.

Leclerc dengan itu meraih pole position keempatnya secara beruntun musim ini setelah mencetak waktu satu menit 31,682 detik untuk membawanya unggul 0,402 detik dari pemuncak klasemen sementara, Lewis Hamilton dari tim Mercedes yang akan start dari P2, demikian laman resmi Formula 1.

Hasil itu membawa pebalap asal Monako itu menyamai rekor pole position empat kali beruntun Michael Schumacher yang dibuat pada musim 2001. Hasil kualifikasi di Sochi juga merupakan pole position Leclerc untuk keenam kalinya musim ini.

"Mobil ini terasa luar biasa. Senang rasanya bisa kembali ke pole, tapi start sangat penting di sini, lebih dari tempat lainnya. Aku hanya ingin fokus ke tugasku besok dan saat ini terlihat bagus," kata Leclerc.

Hamilton memperbaiki catatan waktunya dengan tampil cepat di sektor terakhir trek Sochi Autodrom untuk menggeser pebalap Ferrari lainnya, Sebastian Vettel ke peringkat tiga di akhir sesi.

"Ini adalah sesi kualifikasi yang berat karena orang-orang ini memiliki kecepatan yang gila di lintasan lurus. Mode jet," kata Hamilton.

"Aku sangat lega... aku tak menyangka bisa di baris terdepan."

Vettel, juara GP Singapura pekan lalu, tak mampu memperbaiki catatan waktunya setelah percobaan terakhir yang buruk di kualifikasi yang mengakibatkan posisinya direbut oleh Hamilton.

Ini merupakan kali kesembilan secara beruntun sang pebalap Jerman itu kalah dari rekan satu timnya, Leclerc, di kualifikasi musim ini.

Pebalap Red Bull Max Verstappen menyelesaikan kualifikasi di P4 namun harus mundur lima posisi start ke P9 karena penalti buntut pergantian mesin.

Valtteri Bottas harus puas finis P5 untuk Mercedes setelah membuat kesalahan di percobaan terakhirnya di Q3 sedangkan Carlos Sainz menjadi pebalap tim papan tengah terbaik setelah finis P6 untuk McLaren.

Nico Hulkenberg dari Renault finis P7, 0,012 detik di depan pebalap McLaren lainnya, Lando Norris di P8.

Keduanya diikuti oleh Romain Grojean yang akan start dari P9 untuk Haas dan Daniel Ricciardo di P10 untuk Renault.

Pierre Gasly yang finis P11 untuk Toro Rosso dikenai penalti mundur lima posisi start karena melakukan pergantian mesin.

Sergio Perez dari Racing Point finis P12 di depan Antonio Giovinazzi dari Alfa Romeo. Sedangkan Kevin Magnussen (Haas) dan Lance Strool (Racing Point) di P14 dan P15.

Pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen gagal lolos Q1 untuk pertama kali sejak GP Kanada. The Iceman di peringkat ke-16 di depan dua pebalap Williams George Russel dan Robert Kubica.

Sementara itu Alexander Albon membuat kesalahan denga mobil Red Bullnya hingga kehilangan bagian sayap belakangnya ketika melaju di Tikungan 13 pada Q1. Albon bahkan belum mencatatkan waktunya di kualifikasi dan akan start dari P19 saat Daniil Kvyat melewatkan kualifikasi karena pergantian power unit dan terpaksa harus start dari posisi paling belakang.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar