DPPKB Ogan Komering Ulu layani seratusan akseptor KB gratis

id kb oku sumsel

DPPKB Ogan  Komering Ulu layani seratusan akseptor KB gratis

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ogan Komering Ulu melayani seratusan akseptor dalam kegiatan KB gratis. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melayani seratusan akseptor KB gratis yang dilaksanakan di Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan.

"Dalam kegiatan KB gratis yang kami laksanakan di Desa Kelumpang hari ini sedikitnya ada sekitar 131 akseptor yang terlayani," kata Kepala DPPKB Ogan Komering Ulu (OKU), Nanang Nurzaman di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, 131 akseptor masyarakat Desa Kelumpang yang memanfaatkan program KB gratis tersebut terdiri atas pengguna kontraspesi jenis Implant sebanyak 65 orang, pil KB 34 orang, 21 suntik dan kondom 11 orang.

"Sedangkan, untuk akseptor IUD tidak ada," katanya.

Menurut dia, dipilihnya Desa Kelumpang dalam menggelar KB gratis tersebut karena masyarakat di Kecamatan Ulu Ogan ini menjadi target layanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) KB Pria untuk menerapkan program pemerintah yaitu dua anak cukup.

"Karena dengan hanya memiliki dua anak maka akan tercipta keluarga kecil yang bahagia," kata dia.

Dia menjelaskan, KIE ini bertujuan untuk membina kelestarian peserta keluarga berencana sekaligus mendorong terjadinya perubahan perilaku ke arah yang positif.

"Mudah-mudahan program ini dapat diterima oleh masyarakat dengan KB teratur agar terbentuk keluarga kecil yang bahagia," harapnya.*