Disnakan OKU ajak masyarakat gemar makan ikan

id disnakan OKU ajak masyarakat gemarikan,ajak masyarakat gemarikan,gemar makan ikan,gemarikan

Disnakan OKU ajak masyarakat gemar makan ikan

Teks Foto : Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengajak masyarakat di wilayah itu agar gemar makan ikan untuk dikonsumsi sehari-hari.

"Karena daging ikan banyak mengandung protein tinggi yang baik untuk tubuh," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih di Baturaja, Jumat.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan (Gemarikan) guna mengajak warga agar mengonsumsi ikan secara teratur.

Program nasional dari Kementerian Kalautan dan Perikanan Republik Indonesia sejak tahun 2006 adalah sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat supaya mengonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah tepat agar terbentuk manusia Indonesia yang cerdas sehat dan kuat.

"Tujuan program Gemarikan ini dalam rangka mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk gemar makan ikan," tegasnya.

Menurut dia, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU mengingat daging ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak.

"Apalagi sekarang ini di Kabupaten OKU sudah terbentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) untuk membantu kami dalam mendorong masyarakat agar gemar makan ikan," katanya.

Keberadaan Forikan yang dibentuk oleh pemerintah tersebut, lanjut dia, juga bertujuan untuk mendorong tumbuh kembangnya usaha perikanan yang dijalankan oleh masyarakat mulai dari ikan tangkapan hingga hasil budi daya yang dijual dalam meningkatkan perekonomian penduduk di wilayah setempat.

"Intinya program ini bertujuan untuk mengembangkan budaya konsumsi dalam hal ini adalah protein hewani yang bersumber dari ikan," ujarnya.