Palembang bersiap masuki musim tanam padi kedua

id Musim tanam kedua palembang, pertanian palembang, sawah palembang, sawah lebak palembang, persiapan musim tanam palemban,berita sumsel, berita palemba

Palembang bersiap  masuki musim tanam padi kedua

Petani nampak memanen padi di sawah lebak Palembang, Rabu (25/9) (ANTARA/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, akan memasuki musim tanam padi kedua untuk 2019 dengan luas area sawah mencapai 430 hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti, Rabu, mengatakan bahwa musim tanam kedua akan dimulai pada Oktober 2019, sedangkan tanam pertama dilakukani pada April-Juni 2019.

"Musim tanam pertama agak mundur karena awal 2019 curah hujan cukup tinggi, jadi musim tanam baru bisa dilaksanakan April - Juni," ujar Sayuti.

Menurut dia luas areal sawah yang sudah panen mencapai 3.000 hektar atau 75 persen dari luas tanam yang ditargetkan yakni sebesar 4.000 hektare pada 2019.

Sejauh ini produktivitas sawah yang mencapai 6,9 ton gabah kering panen (GKP) per hektare tersebut tidak terpengaruh musim kemarau karena sebagian besar sawah di Palembang seluas 4.070 hektare berada di area lebak dekat Sungai Musi.

Namun pihaknya cukup mengkhawatirkan  musim tanam kedua, karena harus menunggu intensitas pasang surut Sungai Musi, jika terlalu surut,proses pembasahan akan dioptimalkan dengan pompanisasi

"Kami berharap surutnya Sungai Musi tidak terlampau jauh, jadi saat pasang masih bisa masuk di anak-anak sungai, tapi pompanisasi pakai selang tetap siaga," tambahnya.

Jika musim tanam terealisasi pada Oktober, kata dia, intensitas musim tanam menyamai capaian 2018, pada 2019 juga sampai dua kali tanam dengan total luas lahan mencapai 900 hektare.

"Tahun ini baru 400 hektare yang kami perkirakan siap, sedangkan sisanya masih ada keraguan dari para petani,” jelas Sayuti.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar