Dana Kelurahan di Ogan Komering Ulu fokus bangun infrastruktur

id Dana Kelurahan OKU,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Dana Kelurahan di  Ogan Komering Ulu fokus bangun infrastruktur

Kantor Camat Baturaja Timur, OKU. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Dana Kelurahan yang dikucurkan pemerintah pusat untuk seluruh pemerintah kelurahan di Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini fokus untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di wilayah itu.

"Pada tahun ini ada sembilan kelurahan di kecamatan kami yang mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat tersebut," kata Sekretaris Camat Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Suryadi di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan, saat ini sembilan kelurahan yang ada di kecamatan tersebut sudah menerima dana Kelurahan tahap pertama tahun anggaran 2019.

Setiap kelurahan mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp370 juta/tahun.

Dia menjelaskan, dana tersebut fokus pada pembangunan infrastruktur seperti membangun dan renovasi jalan setapak di setiap kelurahan wilayah setempat.

Selain itu, kata dia, dana tersebut juga untuk membangun sarana saluran air di kawasan padat penduduk agar tidak terkena dampak banjir saat musim hujan.

"Sedangkan, untuk pemberdayaan berupa kegiatan pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), kemanan dan ketertiban masyarakat serta kegiatan lainnya," jelasnya.

Dia berharap kepada seluruh lurah yang menerima bantuan ini dapat menggunakan dana tersebut secara transparan untuk kepentingan masyarakat banyak agar dalam peruntukannya sesuai aturan yang berlaku.

"Karena setiap penggunaan dana yang diberikan oleh pemerintah harus dipertanggung jawabkan agar tidak tersandung hukum," tegasnya.