KKP gandeng Pertamina penuhi kebutuhan energi nelayan pesisir

id KKP,Pertamina,nelayan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

KKP gandeng  Pertamina penuhi kebutuhan energi nelayan pesisir

KKP-Pertamina jalin kerja sama kembangkan perekonomian pesisir. (Afut Syafril)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng PT Pertamina (Persero) untuk memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat nelayan pesisir.

"Kebutuhan masyarakat pesisir itu banyak, dengan adanya MoU ini maka pemenuhan energi akan semakin mudah," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti Poerwadi di Gedung KKP Jakarta, Rabu.

Baca juga: Hasil tangkapan ikan nelayan Maligi Pasaman Barat menurun

KKP dan Pertamina menandatangani kesepakatan kerja sama sinergi program pengelolaan ruang laut dengan pemanfaatan produk Pertamina di wilayah kerja marketing operation region (MOR) VIII (Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat).

Bentuk nyata dari MoU ini antara lain pemenuhan bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan di sepanjang pesisir, dan kedua adalah pemenuhan elpiji dan pendingin dari Pertamina, Musicool.

Baca juga: Ribuan nelayan Jambi masih gunakan pukat harimau

Sementara itu, SVP Retail Marketing Business PT Pertamina Jumali menyebutkan potensi kerja sama dengan masyarakat pesisir sangat besar. Bahkan mampu meningkatkan pendapatan Pertamina Mor VIII hingga 50 persen.

Dengan  sinergi tersebut Pertamina akan lebih mudah emetakan kebutuhan energi bagi nelayan. "KKP memiliki data yang lengkap mengenai sebaran nelayan, dan kami membutuhkan keakuratan data itu untuk pemenuhan kebutuhan," kata Jumali.

Jumali berharap kerja sama bukan hanya dilakukan dengan MOR VIII melainkan seluruh area distribusi Pertamina.

Baca juga: Ribuan nelayan Jambi masih gunakan pukat harimau
Baca juga: SAR cari nelayan hilang di Flores Timur