Disnakan Ogan Komering Ulu akan tebar ribuan anakan ikan sungai

id benih ikan,bibit ikan,ikan sungai,ikan sungai ogan,benih ikan disnakan oku

Disnakan Ogan Komering Ulu  akan tebar ribuan anakan ikan sungai

Arsip- Menebar ikan bersama siswa SMP setempat di Sungai Musi. Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19

Baturaja (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menebar ribuan anakan ikan di Sungai Ogan guna melestarikan habitat hewan air tersebut di perairan umum setempat agar tetap terjaga.

Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih di Baturaja, Selasa menuturkan ribuan anakan ikan ini direncanakan disebar di Sungai Ogan wilayah setempat pada Oktober 2019.

"Awalnya penyebaran benih ikan ini akan dilaksanakan pada peringatan hari ikan pada bulan November nanti, namun jadwalnya dimajukan Oktober 2019 mengingat saat tersebut biasanya debit air Sungai Ogan naik sehingga menjadi waktu yang tepat untuk menebar anakan ikan," katanya.

Dia mengemukakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan benih ikan sungai kepada pemerintah pusat agar program tersebut dapat terlaksana sesuai harapan.

"Kami sudah mengajukan ke pemerintah pusat agar dibantu benih ikan jenis Baung dan Jelawat. Namun pihak terkait tersebut belum bisa menyediakan jenis itu dan menggantinya dengan ikan sungai sejenis Jelawat," ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan menyebar anakan ikan di Sungai Ogan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan Disnakan OKU setelah sebelumnya pihaknya juga sudah menebar ribuan benih ikan jenis Baung dan Jelawat di perairan wilayah setempat.

"Tahun lalu kegiatan ini sudah pernah kami lakukan ada sekitar 35 ribu anakan ikan Baung dan Jelawat yang kami sebar di Sungai Ogan. Alhamdulillah benih yang kami tebar tersebut sudah berkembang biak dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat OKU dengan cara menangkap ikan di sungai," ujarnya.

Dia juga mengimbau, agar masyarakat di wilayah setempat melakukan penangkapan ikan dengan cara tidak merusak lingkungan untuk menjaga habitat ikan di sungai seperti menggunakan kail dan jala agar benih ikan dapat berkembang biak.

"Jangan menangkap ikan dengan meracuni sungai atau disetrum karena cara ini dapat membunuh benih ikan yang masih kecil," tegasnya.