Asap halangi pembentukan awan hujan

id Kebakaran Hutan Lahan,Teknologi Modifikasi Cuaca,BPPT,Yudi Anantasena,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari in

Asap halangi pembentukan awan hujan

Arsip- Pesawat akan melakukan penyemaian awan cumulus. ANTARA/Rendhik Andika

Jakarta (ANTARA) - Deputi Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Yudi Anantasena mengatakan asap akibat kebakaran hutan dan lahan menghalangi penguapan air yang dapat membentuk awan hujan.

"Padahal untuk membuat hujan buatan, garam NaCl harus disemai di awan yang memiliki kemungkinan menjadi hujan," kata Yudi dalam Forum Merdeka Barat 9 yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Senin.

Karena itu, untuk mengurangi asap, BPPT juga menyemai kapur CaO sehingga sinar matahari dapat menembus dan menguapkan air sehingga bisa menjadi awan hujan.

Yudi mengatakan BPPT sudah mulai melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca di Riau sejak Februari 2019 dan di Sumatera Selatan sejak Agustus 2019, tetapi potensi awan yang bisa menjadi masih belum banyak.

"Secara lokal di beberapa tempat memang sudah terjadi hujan buatan dengan intensitas sedang, misalnya di beberapa tempat di Kalimantan Tengah," tuturnya.

Menurut perkiraan cuaca, di Pekanbaru pada minggu keempat September 2019 akan ada potensi awan yang bisa menjadi hujan.

"Sekecil apapun potensi awan yang bisa menjadi hujan, tetap akan disemai agar turun hujan buatan," katanya.

Yudi Anantasena menjadi salah satu narasumber Forum Merdeka Barat 9 bertema kebakaran hutan dan lahan.

Selain Yudi, narasumber lainnya adalah Direktur Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rasio Ridho Sani, Deputi Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Yudi Anantasena, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Jambi Apani Saharudin.