Candil: Tidak bisa salahkan pemerintah saja soal kebakaran hutan

id Candil,Asap riau,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Candil: Tidak bisa salahkan pemerintah saja soal kebakaran hutan

Candil ditemui dalam jumpa pers konser "Musik untuk Republik" di Jakarta, Selasa (17/9/2019) (ANTARA News/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Candil memberikan komentarnya seputar masalah kebakaran hutan di Riau dan Kalimantan, dan menurutnya beban penyelamatan hutan bukan hanya tugas pemerintah melainkan seluruh masyarakat.

"Ini enggak cuma bisa nyalahin pemerintah aja sih sebenarnya, kita masing-masing juga harus saling jaga. Campaign-nya sekarang yang harus digalakkan adalah dari kepedulian pribadi, karena kita ini kan pasti masih ada egoisnya misalnya ngelihat ada sampah aja enggak pada peduli," kata Candil ditemui dalam jumpa pers konser "Musik untuk Republik" di Jakarta, Selasa.

Menurut mantan vokalis band Seurieus ini, kepedulian masyarakat Indonesia terhadap masalah lingkungan masih kurang, kebanyakan mereka masih hanya mementingkan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat individual.

"Gue lihat kalau di luar (negara lain), mereka ada kesadaran seperti itu. Misalnya nih, 'Wah kota gue nih kota pariwisata, kalau lingkungannya enggak bersih ya gue juga yang rugi'. Nah itu yang belum dimiliki sama kita-kita. Kita kan mikirnya masih sampah orang lain kenapa harus gue yang buang," jelas Candil.

"Itu kan sebenarnya hal-hal yang simpel tapi bisa kita campaign, jadi kalau ada kejadian kebakaran kayak gini bisa kita minimalisir. Orang-orang yang sengaja menyebabkan kebakaran juga akan merasa malu. Ya mudah-mudahan kita bisa kayak gitu lah," lanjutnya.

Candil sendiri pernah memiliki pengalaman menghirup udara yang penuh asap, menurutnya hal tersebut sangat tidak nyaman dan membuat dada sakit.

"Ke Riau dulu pernah tapi waktu itu belum yang kayak bencana yang gede gini. Itu aja gue udah enggak bisa bernapas dengan nyaman, gimana sekarang," ujar rocker yang identik dengan suara melengkingnya itu.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar