Ketua KPK terpilih pulang kampung ke Kabupaten Ogan Komering Ulu

id Firli Bahuri,ketua kpk,kampung halaman firli bahuri,https://sumsel.antaranews.com/berita/405688/sfc-kokoh-di-puncak-klasemen-setelah-taklukan-psps-ria

Ketua KPK  terpilih pulang kampung ke Kabupaten Ogan Komering Ulu

Kapolda Sumsel sekaligus Ketua KPK RI terpilih periode 2019-2023, Irjen Firli Bahuri saat ziarah ke makam orang tuanya di Desa Lontar, Kecamatan Muara Jaya, OKU. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Firli Bahuri sekaligus Ketua KPK RI terpilih pulang ke kampung halamannya di Desa Lontar, Kecamatan Muara Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan setelah kunjungan kerja di Mapolres setempat sejak Sabtu (14/9).

"Dalam kunjungan kerja saya ke Polres Ogan Komering Ulu sekaligus untuk beberapa hari saya pulang ke kampung halaman di Desa Lontar, Kecamatan Muara Jaya tempat saya dilahirkan," kata Kapolda Sumsel sekaligus Ketua KPK RI, Irjen Firli Bahuri di Baturaja ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Senin.

Menurut Firli, ia sengaja pulang ke desanya guna mengunjungi keluarganya dan melakukan nyekar atau ziarah ke makam kedua orang tua serta leluhurnya di desa yang terletak di seberang aliran Sungai Ogan berjarak sekitar 35 kilometer (Km) dari Kota Baturaja.
 

"Di desa inilah saya lahir dan harus berjuang keras untuk menempuh pendidikan. Bahkan, dulu saya sempat menjadi penjual spidol dan kue di Taman Ria Sriwijaya saat masih duduk di bangku SMA," jelasnya.

Dia menambahkan, kepulangannya ke kampung halaman tersebut sekaligus mengenang masa kecilnya dalam menempuh pendidikan yang penuh suka duka hingga sekarang terpilih menjadi Ketua KPK RI periode 2019 hingga 2023.

"Apa yang saya capai ini, semua berkat doa dari keluarga, teman dan masyarakat Indonesia," kata putra daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu kelahiran 8 November 1963 tersebut.

Sementara itu, terpilihnya Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK RI periode 2019 hingga 2023 ini mendapat respon positif dari sejumlah masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu khususnya penduduk asli Desa Lontar, Kecamatan Muara Jaya.

"Warga di desa kami sangat bangga karena putra daerah Ogan Komering Ulu terpilih menjadi Ketua KPK RI. Firli Bahuri ini dikenal oleh warga Desa Lontar sebagai anak yang pintar sejak beliau masih kecil," kata salah seorang warga Desa Lontar, Kecamatan Muara Jaya, Marjito Bachri sekaligus menjabat sebagai Ketua DPRD Ogan Komering Ulu periode 2019 hingga 2024 secara terpisah.
 

Dia mengemukakan, pria kelahiran 8 November 1963 yang lahir dari keluarga sederhana tersebut sejak kecil dikenal sangat semangat dalam menempuh pendidikan hingga berhasil meraih cita-citanya dikepolisian hingga dipercaya menjabat sebagai Kapolda Sumsel dan kini terpilih sebagai Ketua KPK RI.

Saat menempuh pendidikan SMP, lanjut dia jarak tempuh dari rumahnya ke sekolah yang terletak di Kecamatan Pengandonan berjarak sekitar 7 Km tidak menjadi kendala meskipun ditempuh dengan berjalan kaki.

"Dari kecil Firli sudah ditinggal almarhum bapaknya yang mungkin menjadi motivasi beliau untuk lebih maju. Setiap hari dia berjalan kaki sejauh sekitar 7 Km demi menuntut ilmu dan hal tersebut menurut saya sesuatu yang luar biasa," ungkapnya.

Menurut dia, warga Desa Lontar dan Kabupaten Ogan Komering Ulu pada umumnya berharap dimasa kepemimpinan Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK RI dapat menunjukan prestasinya dalam memberantas korupsi di Indonesia termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini.

"Mudah-mudahan beliau bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan sesuatu yang berharga bagi NKRI khususnya dalam memberantas korupsi di negeri ini," harapnya.
 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar