Gubernur Sumsel minta bupati tidak keluar daerah terkait karhutla

id gubernur,herman deru,gubernur sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel minta  bupati tidak keluar daerah terkait karhutla

Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta bupati dan wali kota di provinsi itu tidak meninggalkan daerah untuk mencegah dan mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Bila tidak terlalu penting jangan meninggalkan daerah karena sekarang ini masih banyak titik panas," kata Herman Deru di Palembang, Senin.

Ia menyebutkan saat ini merupakan musim kemarau di mana lahan dan hutan rawan terbakar sehingga perlu terus dipantau dan dicegah sedini mungkin terjadinya karhutla.

Herman juga meminta bupati dan wali kota mendata secara detail titik panas dan titik api bila ada dan harus dilakukan secara rutin.

Kesemuanya itu dilakukan agar bila ada titik api maka cepat dipadamkan sehingga kebakaran hutan dan lahan tidak terulang kembali.

Memang, lanjut dia, masalah titik panas kadang-kadang ada perbedaan dan hal itu dimungkinkan peninjauan di lapangan dilakukan waktu yang berbeda-beda.

Ketika ditanya mengenai anggaran dalam mengantisipasi karhutla, dia mengatakan memang ada anggaran darurat dan pengeluarannya harus ada usulan.

Memang, itu belum ada usulan karena anggaran yang dikucurkan seperti untuk peralatan sudah dilakukan.

Dengan adanya upaya secara maksimal itu diharapkan kebakaran huitan dan lahan tidak terjadi di provinsi yang terdiri dari 17 kabupaten dan kota tersebut.

"Namun semuanya itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak terutama masyarakat yang berada di sekitar wilayah rawan karhutla," tambah Herman.