Dinkes OKU tambah dua klinik penanganan penyakit AIDS

id berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini,dinkes oku,penyakit hiv aids,puskesmas oku

Dinkes OKU tambah dua klinik penanganan penyakit AIDS

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto. Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menambah dua klinik kesehatan di wilayah setempat khusus untuk penanganan penyakit HIV AIDS.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Senin mengatakan bahwa selama ini pihaknya hanya memiliki dua klinik untuk penanganan HIV AIDS sehingga perlu dilakukan penambahan agar maksimal dalam menangani penyakit tersebut.

"Dua klinik kesehatan khusus menangani masalah penyakit HIV AIDS yang ada saat ini yaitu baru ada di Puskesmas Lubuk Batang dan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja," katanya.

Pada tahun ini, kata dia, pihaknya akan menambah dua klinik lagi untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam konseling keluhan penyakit.

"Penambahan klinik ini untuk di Kecamatan Lengkiti dan Puskesmas Ulak Pandan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk menambah dua fasilitas kesehatan ini pihaknya sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti dokter, perawat, tenaga konseling yang ahli di bidangnya.

"SDM yang disiapkan ini sudah melalui tahapan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan," tegasnya.

Dengan ditambahnya dua klinik baru ini, lanjut dia, diharapkan dapat melayani pasien penderita penyakit HIV AIDS bagi masyarakat di wilayah setempat secara maksimal agar menekan jumlah penderitanya.

"Untuk jumlahnya penderitanya saya lupa, namun sejauh ini tidak terlalu banyak. Dengan ditambahnya klinik baru ini mudah-mudahan dapat meminimalisir penderita penyakit HIV AIDS di Kabupaten OKU ini," harapnya.
 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar