Bawaslu Kabupaten OKU tuntaskan laporan akhir pengawasan Pemilu 2019

id laporan bawaslu oku,pemilu 2019,antaranews.com

Bawaslu Kabupaten  OKU tuntaskan laporan akhir pengawasan Pemilu 2019

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menuntaskan laporan akhir pengawasan Pemilu 2019 sebagai tanda bahwa pihak terkait ini telah selesai menjalankan seluruh tugasnya dalam mengawasi proses pemilihan di wilayah itu.

"Penyerahan laporan akhir kepada Bawaslu RI ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja kami selama proses Pemilu 2019 di Kabupaten OKU," kata Ketua Bawaslu Ogan Komering Ulu (OKU), Dewantara Jaya didampingi Koordiv Pengawasan Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, penyerahan laporan akhir ini sesuai dengan surat dari Bawaslu RI nomor:1408/K.BAWASLU/PM.00.00/8/2019 Tentang Laporan Akhir Pengawasan Pemilu 2019.

"Penyerahan laporan akhir Pemilu 2019 ini dilakukan serentak oleh Bawaslu kabupaten/kota se Sumatera Selatan," katanya.

Dia mengemukakan, penyerahan laporan hasil pengawasan pemilihan legislatif dan pilpres ini diawali dengan mempresentasikan kegiatan pengawasan tingkat kabupaten dengan menitik beratkan mengawasi setiap tahapan proses pemilu di wilayah itu.

"Dalam melakukan pengawasan yang terpenting harus ada aktifitas lainnya seperti sosialisasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang keberadaan Bawaslu itu sendiri," ungkapnya.

Menurut dia, pengawasan yang efektif adalah pengawasan yang sifatnya partisipatif dari semua komponen atau stake holder yang ada agar proses pemilu berjalan lancar dan damai.

Sejauh ini, lanjut dia, proses Pemilu 2019 di wilayah setempat berjalan lancar pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran yang fatal dilakukan oleh salah satu calon legislatif mulai dari tahap pemilihan hingga tahapan penghitungan suara di TPS.

"Harapan kami kedepannya agar pemilu bisa lebih baik lagi seperti pemilihan ditahun 2019 yang berjalan tertib dan lancar," harapnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar