Rupiah terapresiasi ke level Rp13.900

id Rupiah,dolar,kurs,perang dagang,federal reserve,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari in

Rupiah terapresiasi  ke level Rp13.900

Petugas penukaran mata uang memperlihatkan rupiah dan dolar AS di Jakarta (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA) - Pelemahan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Jumat terapresiasi ke level Rp13.900 per dolar AS seiring optimisme pelaku pasar terhadap meredanya perang dagang.

Kepala Riset Monex Investindo Future Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat, mengatakan Presiden AS Donald Trump sepakat untuk menunda kenaikan tarif tambahan pada barang-barang China.

"Langkah tersebut meningkatkan harapan untuk meredanya friksi dagang antara dua negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia," katanya.

Menurut Ariston, meredanya ketegangan perang dagang AS-China itu telah mendorong minat pelaku pasar terhadap aset-aset di negara berkembang yang akhirnya berdampak pada mata uang.

Terpantau, pergerakan rupiah pada Jumat pagi mengalami apresiasi sebesar 40 poin atau 0,29 persen menjadi Rp13.950 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp13.990 per dolar AS.

Sentimen selanjutnya, kata dia, pasar akan tertuju pada pertemuan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (Fed) yang diperkirakan akan memangkas suku bunganya.

"Keputusan The Fed menjadi perhatian pelaku pasar dalam menentukan arah kebijakan investasinya," katanya.

Ia mengemukakan Trump kembali meminta Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga ke wilayah negatif, sebuah langkah yang biasanya enggan dilakukan oleh bank sentral dunia untuk melawan pertumbuhan ekonomi yang lemah.

Ariston mengemukakan Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada pidatonya di Swiss belum lama ini mengeluarkan beberapa pernyataan yang memberikan indikasi belum akan melakukan pemotongan suku bunga pada bulan September ini.

Selain itu, lanjut dia, Powell juga menyatakan bahwa Federal Reserve memegang komitmen untuk tidak terpengaruh oleh kepentingan politik dalam mengambil setiap keputusan, dan berdasarkan analisa yang dapat dipegang.