Gubernur Sumsel minta wartawan perangi berita bohong

id Gubernur,Berita bohong, peran wartawan, forum silaturahmi wartawan, hoaks, herman deru

Gubernur Sumsel minta wartawan perangi berita bohong

Gubernur Sumsel Herman Deru silaturahim dengan wartawan senior (Dok.Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta wartawan untuk memerangi berita bohong atau hoaks karena itu dinilai sangat berbahaya.

Apalagi jalannya pemerintahan dan pembangunan perlu diawasi sehingga  wartawan sangat dibutuhkan, kata gubernur saat menerima forum silaturahim wartawan angkatan 1970, 1980 dan 1990 di Palembang, Kamis.

"Jadi kalangan media massa atau pers mempunyai peran penting  dalam mengkritik  kebijakan pemerintah, dengan tetap  mengedepankan azas kemanusiaan, kecerdasan dan martabat.

“Dewasa ini pers di daerah yang terus menggeliat, media cetak bersaing dengan media online yang siap saji. Perkembangan informasi yang begitu cepat harus disikapi dengan kerja profesional pekerja pers situ sendiri dengan tetap menjaga marwahnya sebagai kontrol sosial yang bertanggung jawab," ujar gubernur.

Lebih lanjut gubernur mengatakan, peran wartawan  membangun daerah sangatlah tinggi, terutama dalam membangun kepercayaan masyarakat.

"Saya hanya memberi saran, agar wartawan-wartawan muda dapat di undang dalam acara itu nantinya.   Tampilkan  juga hasil karya masing-masing wartawan lengkap dengan namannya," saran gubernur.

Peran wartawan dalam membangun daerah sangat penting terutama dalam membanggun kepercayaan masyarakat.  Oleh karena itu ada  tanggungjawab besar yang diemban para jurnalis dalam menjalankan profesinya, dan haruslah tetap menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

"Maraknya pemberitaan melalui  media sosial  merupakan bentuk kemajuan. Akan tetapi ada tugas penting bagi pekerja jurnalistik bagaimana agar berita disajikan melalui media sosial adalah yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan atau bukan Hoaks. 

Oleh karena itu kedepakan Kode Etik Jurnalis  agar marwah para jurnalistik tetap terpelihara, kata dia. 

Sementara itu Ketua Forum Silaturahim wartawan senior Iklim Cahya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang telah bersedia menerima dirinya dan rombongan.

Pihak  sengaja  audensi dengan gubernur, untuk melaporkan rencana  silaturahim wartawan senior di Sumsel yakni angkatan 1970, 1980 dan 1990. Nantinya akan dihadiri kurang lebih 300 orang, tambah dia.