Sumsel perbanyak pemasaran kerajinan melalui online

id produk, unggulan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Kain jumputan . ANTARA

Palembang (ANTARA) - Sumatera Selatan akan memperbanyak memasarkan kerajinan daerah melalui daring atau online agar produk tersebut semakin dikenal masyarakat baik daerah, nasional maupun internasional.

"Kami menargetkan pemasaran produk kerajinan yang sangat beragam di Sumsel dapat lebih dikenal di kancah nasional maupun Internasional antara lain melalui daring," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Selatan Feby Deru dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Rabu.

Memang, lanjut dia, sekarang ini pemasaran produk kerajinan masih terkendala bagi pengrajin.

Oleh karena itu pihaknya akan mendorong dan memaksimalkan produk kerajinan daerah terutama promosi melalui jaringan internet.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya telah mengikuti rapat kerja nasional Dekranas di Jakarta membahas masalah produk unggulan daerah termasuk pemasaran.

hasil rapat tersebut diakuinya pemasaran produk kerajinan masih menjadi kendala bagi perajin. Oleh karena itu pula para peserta diajak mengedukasi perajin di daerah untuk terbiasa memasarkan produk secara online.

Dekranasda Sumsel sudah memulai itu dengan membuat unggulan-unggulan yang ada di setiap di kabupaten dan kota. Dimana pemasarannya bisa dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Daerah atau BUMN dan BUMD termasuk membantu alat dan pemasaran.

"Ini penting sekali untuk pengembangan perajin agar produknya bisa dikenal dan laku di pasar nasional dan internasional," ujar Feby Deru yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Fauziah Mawardi Yahya.

Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla saat rapat kerja nasional mengatakan, Dekranas merupakan lembaga mitra pemerintah khususnya dalam membina dan mengembangkan produk kerajinan yang bernilai budaya menjadi produk bernilai ekonomi.

Oleh karena itu melalui Rakernas tersebut seluruh peserta yang hadir diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumber daya, kreatifitas dan teknologi untuk memenuhi selera pasar yang diminati dan memiliki daya saing di pasar nasional dan global.

Dengan cara ini maka kerajinan Indonesia akan diminati dan memiliki daya saing di pasar global. Untuk itu dia memberikan apresiasi bagi nara sumber Rakernas karena dapat memberikan pencerahaan sehingga dapat dijadikan bekal untuk memaksimalkan produk kerajinan.

Rangkaian kegiatan Rakernas Dekranas itu antara lain mendengarkan laporan Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo, penayangan story board "Sosok Panutanku" kemudian dilanjutkan dengan paparan Keynote Speech yang juga Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarno Putri.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar