Presiden akan resmikan tol Palembang - Kayuagung

id gubernur,tol kayuagung,tol palembang,peresmian tol sumatera,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemba

Presiden akan resmikan tol Palembang - Kayuagung

Gubernur Sumsel Herman Deru. Antara

Palembang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan penggunaan jalan  tol Palembang - Kayuagung, Sumatera Selatan pada awal Oktober 2019.

"Pemerintah Provinsi telah melaksanakan pertemuan dengan Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, dan beliau (Menteri BUMN) menyatakan tol tersebut akan diresmikan Presiden," kata Gubernur Sumsel Herman Deru dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Selasa.

Ini kabar gembira bagi warga Sumsel karena jalan Tol Trans Sumatera khususnya ruas Kayuagung-Palembang akan segera difungsionalkan dan dibuka gratis untuk masyarakat umum.

Menurut dia, kabar baik itu disampaikan Menteri BUMN RI saat rapat bersama di Kantor Kementerian BUMN Jakarta Pusat.

Fungsional ruas jalan tol tersebut rencananya akan dilakukan barbarengan dengan Peresmian Jalan Tol Lampung-Palembang .

Dia mengatakan bahwa ruas jalan tol Kayuagung-Palembang itu sudah layak fungsi. Karena sudah layak fungsi itulah jalan tol ini bisa digunakan masyarakat dan ini tidak berbayar alias gratis.

Keberadaan tol Kayuagung-Palembang dan terutama ruas Palembang-Betung ini sudah sangat dinantikan karena diharapkan dapat memecah penumpukan truk-truk yang masuk ke Palembang.

"Sehubungan itu setelah tol Kayuagung-Palembang diharapkan dilanjutkan tol Palembang-Betung sehingga arus lalulintas menjadi lancar kerena penumpukan bisa terpecah di situ," ujar dia.

Pada kesempatan itu Ia juga memastikan bahwa untuk tol Palembang-Betung tetap terealisasi sesuai target awal tahun 2020.

"Hal ini karena semua sudah clear termasuk pembebasan lahan,  tadi Bupati Banyuasin langsung nelpon Saya. Kita tinggal menunggu saja ini masuk Proyek Strategis Nasional (PSN)," jelasnya.

Sementara itu Menteri BUMN RI Rini Soemarno dalam rapat tersebut mengatakan, rapat bersama Gubernur Sumsel dan Gubernur Lampung ini dilakukan tak lain untuk menindaklanjuti rencana peresmian Jalan Tol Terbanggi-Kayuagung yang akan dilakukan langsung Presiden RI Joko Widodo.

"Jadi kami kumpulkan disini untuk membicarakan persiapan itu sekalian saya juga mau dengar masukan dari Pak Gubernurnya bagaimana. Saya sudah cek jalan tol dan saya lihat sampai Kayuagung semua sudah rapi," kata Rini.