Gubernur Sumsel akan kembangkan pohon aren

id gula,gubernur, aren,Hilton Morera ,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan amp

Gubernur Sumsel akan kembangkan pohon aren

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Antara)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru akan mengembangkan tanaman pohon aren di provinsi tersebut karena budidaya tanaman tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pendapatan masyarakat.

"Apalagi pohon aren dapat dikembangkan di areal rawa dan lahan basah sehingga keberadannya cukup bermanfaat untuk melestarikan lingkungan," kata Gubernur di Palembang, Selasa.

Sebenarnya tanaman aren atau enau itu telah diprakarsai Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat menjadi bupati Ogan Ilir lalu.

Hal ini pihaknya telah melaksanakan kunjungan ke kebun budidaya aren tersebut bersama Wakil Gubernur Sumsel.

Ternyata warga Ogan Ilir ada yang menanam pohon aren yang memiliki banyak manfaat dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan.

“Tanaman aren di Kabupaten Ogan Ilir dikembangkan pada lahan basah atau rawa. Dan dimanfaatkan dalam berbagai hal diantaranya yaitu daunnya dibuat atap atau dinding rumah tempat tinggal, lidinya dibuat sapu atau kerajinan tangan, buahnya dimanfaatkan sebagai panganan atau kolang kaling” ujarnya.

Selain itu, serabut atau ijuknya dimanfaatkan untuk membuat sapu atau keset kaki serta serbuk batangnya dapat diolah menjadi sagu.

"Sementara cairan getah dari bunga aren bagi sebagian warga diambil untuk dijadikan minuman atau tuak," kata guberbnur.

Oleh karena budidaya aren harus dikembang biakan sehingga lahan rawa dan basah akan semakin bermanfaat untuk pendapatan masyarakat.

Bukan itu saja tetapi lahan rawa juga dapat dijaga serta untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran saat musim kemarau. Sehubungan itu pihaknya mendorong pengembangan tanaman pohon aren di daerah Sumsel.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar