Wagub Sumsel minta perusahaan maksimalkan penggunaan mesin pertanian

id Wagub

Wagub Sumsel  minta  perusahaan maksimalkan penggunaan mesin pertanian

Wagub Sumsel Mawardi Yahya (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya meminta perusahaan perkebunan dan pertanian di daerah ituitu memaksimalkan penggunaan alat mesin pertanian sehingga memberikan hasil optimum.

"Ini penting dilakukan, selain untuk meringankan pekerjaan, alat mesin pertanian juga dapat mengoptimalkan produksi," kata Mawardi di Palembang, Senin.

Oleh karena itu pihaknya melakukan sosialisasi penggunaan alat mesin pertanian yang diperuntukan bagi perusahaan perkebunan dan pertanian di Sumsel.



"Kegiatan ini sangat baik sehingga produk alat mesin pertanian dapat digunakan dan dimanfaatkan perusahan di Sumsel,” tegas Wagub.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan para produsen berlomba dalam membuat peralatan pertanian dengan teknologi tinggi yang cepat dan murah bagi sektor petanian dan perkebunan.

Di samping itu Wagub juga meminta Dinas Perindustrian membuka peluang bagi kabupaten dan kota untuk dapat melakukan inovasi di bidang pertanian.



"Selama ini, produk alat mesin pertanian yang beredar di Sumsel merupakan produk impor dan bukan buatan lokal," kata dia.

Ia mengajak semua ppihaki menciptakan inovasi teknologi alat mesin pertanian dan perkebunan di daerah itu.



Apalagi Sumsel terkenal sebagai daerah pertanian dan perkebunan sehingga hasilnya juga harus ditingkatkan.

"Yang jelas dengan ada produk pertanian meningkat maka dapat meningkatkan ketahanan pangan," tambahnya.