Pemprov Sumsel imbau masyarakat gunakan masker

id masker,kabut asap,ispa,karhutla sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan

Pemprov Sumsel imbau masyarakat  gunakan masker

Petugas meminta para pengendara motor menggunakan masker. (ANTARA)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan masker bila keluar rumah, terutama saat  kabut asap  mulai dirasakan.

Kabut asap akan berpengaruh terhadap kesehatan sehingga penggunaan masker sangat penting, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini di Palembang, Senin.

"Dinkes Sumsel sudah mengirimkan surat edaran ke kabupaten dan kota untuk mencegah agar tidak terkena  ISPA  (Infeksi saluran pernapasan akut)  dengan memakai masker," ujar dia.

Baca juga: Warga Palembang diimbau gunakan masker hindari asap

Menurut dia, imbauan agar menggunakan masker itu telah disampaikan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota se-Sumsel terutama lokasi bagi yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

Apalagi saat musim kemarau sekarang ini banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Sumsel dan kabut asap sering terasa pekat di wilayah-wilayah tertentu, sehingga perlu diantisipasi dengan menggunakan masker.

Selain itu pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan karena akan sulit memadamkannya dan dapat menimbulkan kabut asap, ujar dia.

Masker tersebut diharapkan mampu mengantisipasi atau sebagai alat pelindung diri terhadap asap, sehingga masyarakat tidak mudah terkena ISPA.

Baca juga: Ciptakan masker terbaru, UI raih medali emas

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi adalah makan makanan yang bergizi karena dengan kondisi fisik yang prima juga dapat mencegah diri terhindar dari ISPA.

Selain itu pihaknya minta kesadaran masyarakat terhadap prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) supaya terhindar dari berbagai penyakit termasuk ISPA.

Oleh karena itu gunakan masker bila berpergian terutama bila sedang ada kabut asap untuk mengantisipasi agar terhindar dari ISPA, tambah dia.

Baca juga: Riset: polusi bisa membunuh 75 persen sel sperma
Baca juga: Masker bukan solusi hadapi polusi