Dinkes Sumsel bagikan ribuan masker di Palembang

id masker, karhutla, sumsel, dinkes,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan amper

Dinkes Sumsel bagikan ribuan masker  di Palembang

Pembagikan masker gratis kepada warga. Antara/Rendhik Andika/HO

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan membagikan ribuan masker kepada masyarakat Palembang guna mengantisipasi kabut asap saat musim kemarau sekarang ini.

Pihaknya telah membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan seperti di Palembang, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Jumat.

Apalagi beberapa hari terakhir ini sering terjadi kebakaran hutan dan lahan dan itu bisa menimbulkan kabut asap hingga keperkotaan.

Memang, berdasarkan hasil pemantauan kualitas udara yang dihimpun dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel, masih dikategorikan baik dalam arti belum begitu mengganggu kesehatan.

Jadi untuk mengantisipasi dampak buruk bila terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga menggunakan masker.

Ke depan Ia berharap agar masyarakat secara mandiri mampu mengatasi permasalahan kesehatan khususnya menghadapi dampak buruk asap yang bisa datang mendadak .

Oleh sebab itu pihaknya minta masyarakat menggunakan masker saat berpergian keluar rumah karena hal tersebut dapat mengurangi paparan partikel kabut asap, ujar dia.

Terpapar di ruang terbuka tanpa masker bila ada kabut asap dalam waktu yang lama bisa menyebabkan Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), ujar dia.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Sumsel dr Trisnawarman menambahkan, pembagian masker ini telah merata terutama di kabupaten dan kota yang terdeteksi berdampak gangguan asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Sudah banyak yang dibagikan bisa telah puluhan ribu dimana di Palembang saja sekitar 10 ribu masker, tambah dia.