Imigrasi Palembang perbaiki pelayanan paspor

id imigrasi, papsor, pelayan papsor , perbaiki pelayanan paspor , imigrasi palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, a

Imigrasi Palembang  perbaiki pelayanan paspor

Petugas Kantor Imigrasi Palembang memeriksa berkas permohonan pembuatan paspor, Kamis (5/9/2019) ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang terus berupaya memperbaiki pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat di enam kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan itu.

"Pelayanan yang menggunakan sistem daring (online) yang telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir akan terus dievaluasi sehingga diharapkan ke depan semakin baik," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi KElas I Palembang Triman di Palembang, Kamis.

Pelayanan pembuatan dokumen keimigrasian bagi pemohon yang lengkap persyaratannya sekarang, katanya, bisa dituntaskan dalam satu hari meliputi seluruh rangkaian proses administrasi hingga foto untuk buku paspor.

Pelayanan tersebut, kata dia, ke depannya diupayakan mulai dari proses administrasi hingga penyerahan buku paspor, selesai dalam satu hari.

"Pelayanan pembuatan paspor di kantor ini belum memungkinkan seluruh rangkaian prosesnya selesai dalam satu hari kerja karena peralatan pendukungnya masih terbatas," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk menerbitkan satu dokumen keimigrasian memerlukan proses yang panjang dan membutuhkan verifikasi petugas kantor pusat di Jakarta.

Ia menjelaskan berkas permohonan masyarakat yang diajukan kepada petugas melalui loket pelayanan di Kantor Imigrasi Palembang, setelah diperiksa dan dinyatakan lengkap, diproses dengan menggunakan alat pemindai dan kemudian data digitalnya dikirim melalui jaringan internet ke sistem verifikasi permohonan paspor secara nasional.

Untuk proses pemberkasan hingga foto buku paspor sudah sejak beberapa tahun terakhir bisa diselesaikan dalam satu hari, dengan pelayanan selama ini masyarakat cukup satu kali datang mengurus berkas administrasi dan antrean foto.

Bagi pemohon yang berkas administrasi dan fotonya untuk buku paspor tidak ada masalah, katanya, diberikan resi guna menyetor biaya pembuatan dokumen keimigrasian itu Rp355.000 melalui bank yang ditunjuk atau anjungan tunai mandiri.

"Setelah pengurusan berkas dan pembayaran tersebut dilakukan, paspor segera diproses pencetakannya dan pemohon bisa mengambilnya di loket pada hari ketiga sesuai dengan jam kerja," katanya.

Secara administrasi, pihaknya telah melakukan pelayanan satu hari kerja, namun untuk pencetakan dan penyerahan buku paspor dengan peralatan yang ada sekarang ini belum bisa dilakukan pada hari itu juga.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang, meliputi enam daerah, yakni Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir, pihaknya berupaya secara bertahap membenahi dan menambah peralatan pendukung.

"Jika peralatan dan sumber daya manusia di kantor ini cukup memadai dan dinilai mampu memproses berkas dan penyelesaian pencetakan buku paspor secara cepat, pelayanan tuntas satu hari segera diterapkan," kata Triman.