HK: Dua ruas tol Sumatera akan diresmikan akhir tahun

id Tol Sumatera,jalur tol sumatera,pembangunan tol sumatera,jalur tol,progres tol sumatera,tol kayu agung,tol lam[pung,berita sumsel, berita palembang, a

HK: Dua ruas tol Sumatera akan diresmikan akhir tahun

Direktur Utama Hutama Karya mengatakan akan ada dua ruas tol Sumatera yang diresmikan akhir tahun 2019. (Afut Syafril)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan ada dua ruas Tol Trans Sumatera yang akan diresmikan pada akhir 2019.

"Penugasan Jalan Tol Trans Sumatera dapat selesai sesuai target, dua ruas akan diresmikan akhir tahun, mungkin November," kata Bintang saat bincang pagi dengan media di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Dua ruas tol Trans Sumatera rencananya akan dijual

Dua ruas Tol Sumatera tersebut adalah ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang-Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 km dan ruas Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 km.

Manurutnya untuk ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang-Panggang-Kayu Agung akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada September.

Baca juga: Tol Terbanggi-Kayu Agung dioperasikan pada Agustus

Pada Maret Presiden telah meresmikan ruas Tol Bakauheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km. Kemudian untuk sisa 33 km dari ruas tersebut konsesinya dimiliki oleh pihak lain, namun dapat difungsionalkan pada akhir tahun ini.

Dengan tersambungnya ruas Bakauheuni-  Palembang maka waktu tempuh akan kurang lebih 4 jam dengan jarak 365 km. Sebelum ada tol, waktu tempuh mencapai 12 jam.

Baca juga: Ruas jalan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung beroperasi penuh Agustus 2019

Ruas Pekanbaru-Dumai akan diresmikan pada November 2019. Pembebasan lahan hampir mencapai 100 persen. Sumatera bagian utara, yaitu ruas Medan-Binjai, Hutama Karya telah menyelesaikan pembangunan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 km, sedangkan untuk seksi 1 konstruksinya telah mencapai 98 persen.

Bagian dari Tol Sumatera tersebut ditargetkan akan dapat beroperasi penuh pada Desember 2019.

Baca juga: Tol Bakauheni-Kayu Agung ditargetkan segera selesai
Baca juga: Pemudik hati-hati melewati Tol Kayu Agung-Pematang Panggang