ACT bagikan ribuan makanan di Jakarta Muharram Festival 2019

id ACT,Pawai Obor,1 Muharram,Jakarta Muharram Festival,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera

ACT bagikan ribuan makanan  di Jakarta Muharram Festival 2019

Warga antusias mengikuti pawai obor dalam acara Jakarta Muharram Festival di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019) malam. (ANTARA/HO-ACT)

Jakarta (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) membagikan ribuan makanan gratis pada kegiatan Pawai Obor di Jakarta Muharram Festival 2019 dalam rangka menyambut Tahun Baru 1441 Hijriah, Sabtu.

"Ada 2.200 porsi kami bagikan ke peserta pawai," kata Koordinator Humanity Food Truck, Ryan Andriana Rachman di Jakarta.

Dalam Jakarta Muharram Festival tersebut ACT berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Grup Transmedia menurunkan dua Humanity Food Truck.

Selain itu, ACT juga mendukung Muharram Festival dengan menyediakan ambulans pre-hospital yang dilengkapi dengan peralatan layaknya rumah sakit serta tim medis.

Tim medis ACT Renal Zulmisaputra mengatakan timnya sudah bersiaga sejak siang hingga malam dimulainya pawai. "Sejak sore kami sudah berada di Monas yang menjadi pusat awal keramaian," katanya.

Pawai Obor di jalanan protokol Jakarta melibatkan sekitar 2.600 orang dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti atraksi tari, lagu religi, tausiyah, serta kehadiran para public figure dan pejabat daerah.

Di tempat terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan perayaan 1 Muharram juga terdapat muhasabah untuk merayakan pergantian tahun Hijriah. Selain pawai obor dan beragam atraksi, ada pula tausiyah dan doa bersama yang akan dilakukan dalam momen pergantian tahun Hijriah tersebut.

Acara Jakarta Muharram Festival juga diiringi dengan Halal Culinary Festival dan dihadiri oleh Duta Besar dari negara-negara sahabat termasuk negara-negara yang memiliki kota berstatus Sister City dengan DKI Jakarta.

Jakarta Muharram Festival juga menghadirkan berbagai grup band, antara lain Potret, Wali, Kotak, Koesplus Junior, Kanda Brothers, Jiung Band, dan Hijab Band, serta dimeriahkan oleh para public figure yaitu Pasha, Opick, Wika Salim, dan Takaeda, Ustadz Maulana, Ustadz Syamsuddin Noor Irfan Hakim, Fadli-Fadlan, Arie Untung, Fenita Arie, dan Shara dalam rangkaian momen akhir tahun 1440 Hijriah.

Stan ACT di acara Jakarta Muharram Festival di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019) malam. (ANTARA/HO-ACT)
 

Di sela-sela kemeriahan tersebut, terdapat stan ACT untuk berbagi aksi kedermawanan dengan para warga.

"Bagi masyarakat yang ingin berdonasi untuk kekeringan yang melanda Indonesia juga bisa melalui stan kami yang berada di sekitar Bundaran HI, tepatnya di depan Graha Mandir. ACT juga mengajak semua masyarakat untuk bahu-membahu mengirimkan bantuan melalui aksi nyata di bit.ly/DermawanAtasiKekeringan. Mari kita atasi kekeringan yang mematikan ini dengan menjadi Dermawan. Insya Allah, ini bukti kita peduli tidak hanya untuk warga Indonesia namun juga dunia," kata Koordinator Humanity Food Truck ACT Ryan.

Hingga kini, ACT pun terus mendistribusikan air bersih serentak di 28 kantor cabang. Pendistribusian air bersih dilakukan mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan wilayah lain yang terdampak dengan total distribusi air sebanyak 2,1 juta liter air per hari. Selain distribusi air bersih, ACT juga melakukan sejumlah aksi pendamping seperti pelayanan kesehatan dan berbagi makanan gratis.

 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar