Duo Ferrari dominasi sesi latihan GP Belgia

id charles leclerc,formula 1, gp belgia,sesi latihan bebas,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan am

Duo Ferrari  dominasi sesi latihan GP Belgia

Pebalap Ferrari Charles Leclerc di sesi latihan bebas GP Belgia, Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat (30/8/2019) REUTERS/Francois Lenoir

Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc mengungguli rekan satu timnya, Sebastian Vettel, untuk membawa Ferrari finis 1-2 di sesi latihan bebas FP2 GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat.

Pebalap asal Monako itu, yang pada sesi latihan pagi berada di peringkat dua, mengakhiri sesi latihan sore sebagai yang tercepat dengan waktu satu menit 44,123 detik, demikian Reuters.

Catatan waktu itu lebih baik 0,630 dari waktu yang ditorehkan Vettel di FP1.
Valtteri Bottas, yang baru saja mendapatkan kontrak baru untuk membalap dengan Lewis Hamilton di Mercedes tahun depan, menjadi penantang terdekat duo Ferrari hari itu dengan finis ketiga. Hamilton membayangi mereka di peringkat empat.

Dua mobil Silver Arrow itu memperbaiki catatan waktu mereka dari peringkat lima dan enam di yang diraih di sesi pagi, namun masih terpaut hampir satu detik dari Leclerc.

Baca juga: Berkaca hasil paruh musim, Ferrari ingin bangkit di Spa dan Monza



Hamilton, yang memuncaki klasemen dengan keunggulan 62 poin dari rival terdekatnya, Bottas, mendapati sesi latihan yang kurang mulus setelah Mercedes memasang pedal gas baru ke mobilnya di garasi.

Dia hanya mencatatkan waktu putaran pada 25 menit jelang akhir sesi pagi setelah masuk ke garasi untuk kedua kalinya ketika Mercedes kehilangan komponen telemetri di mobilnya.

Di siang harinya, pebalap bernomor 44 itu juga mengeluhkan adanya debu dan kotoran yang masuk ke dalam helmnya.

Ferrari masih memburu kemenangan pertamanya musim ini setelah kesulitan jika dihadapkan dengan sirkuit yang meliuk-liuk.

Namun mobil mereka lebih cocok dengan sirkuit yang memiliki karakter seperti Spa, yang memiliki lintasan lurus panjang.

Spa dan Monza, yang akan menggelar seri berikutnya, dipandang sebagai kesempatan terbesar Ferrari untuk meraih trofi juara.

Vettel pun berharap bisa merengkuh kemenangan setelah terakhir kali finis pertama di GP Belgia tahun lalu.

Di belakang empat pebalap terdepan, Sergio Perez membawa Racing Point di peringkat lima tercepat. Namun pebalap Meksiko itu terpaksa minggir dari trek setelah mobilnya terbakar dan mengeluarkan asap dari bagian buritan di menit-menit akhir sesi.

Insiden itu menyebabkan marshal mengibarkan bendera merah dan mengakhiri sesi latihan lebih awal.
Max Verstappen finis keenam untuk Red Bull. Pebalap asal Belanda itu, di depan pendukungnya, finis ketiga di FP1 namun mengeluhkan masalah dengan power unit Honda.

Kimi Raikkonen, yang cedera otot kaki, memaksa Alfa Romeo menurunkan pebalap cadangan Marcus Ericsson yang finis ketujuh di depan Lance Stroll dari Racing Point.



Daniel Ricciardo, salah satu dari enam pebalap yang akan mendapatkan penalti mundur grid karena mesin, finis peringkat sembilan untuk Renault.

Sementara itu, rookie Alexander Albon, yang tercepat keempat di FP1, melengkapi peringkat 10 besar di debutnya bersama Red Bull.

Pierre Gasly yang menempati bangku Albon di Toro Rosso finis ke-17.

Sesi latihan hari itu cenderung bebas insiden, namun hal yang paling dramatis terjadi ketika mobil Stroll kehilangan penutup mesinnya ketika melaju dengan kecepatan tinggi di sesi pembuka.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar