Wakapolda Sumsel: Perlu sinergisitas tingkatkan kepatuhan lalu lintas

id operasi patuh musi, tertib lalu lintas, tingkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas, ketertiban lalu lintas, kamseltibcarl,berita sumsel, berita palemba

Wakapolda Sumsel: Perlu sinergisitas  tingkatkan kepatuhan lalu lintas

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan memberikan keterangan pers seusai apel gelar pasukan OPM 2019 di lapangan Kantor Direktorat Lalu Lintas, Palembang, Kamis (29/8). (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Rudi Setiawan menyatakan perlu sinergisitas antarpemangku kepentingan bidang lalu lintas untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mengendarai kendaraan bermotor roda dua dan empat.

"Kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas masih rendah, untuk meningkatkannya diperlukan sinergisitas atau kerja sama antarinstansi terkait," kata Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan pada apel gelar pasukan Operasi Patuh Musi (OPM) 2019 di lapangan Kantor Direktorat Lalu Lintas, Palembang, Kamis.

Kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas terus diupayakan meningkat guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Dengan terwujudnya kamseltibcarlantas diharapkan dapat diminimalkan kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dan jumlah korban luka-luka maupun meninggal dunia akibat lakalantas.

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, pihaknya secara rutin melakukan kegiatan sosialisasi bersama pemangku kepentingan bidang lalu lintas serta operasi penegakan hukum seperti kegiatan Operasi Patuh Musi yang digelar selama dua pekan mulai 29 Agustus hingga 11 September 2019, katanya.

Dia menjelaskan, jumlah pengguna kendaraan bermotor setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, kondisi ini perlu diimbangi oleh jajaran Ditlantas Polda Sumsel dan pemangku kepentingan bidang lalu lintas lainnya sehingga tidak menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas.

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di jalan raya dan modernisasi dalam pelayanan transportasi umum beberapa tahun terakhir perlu diantisipasi dengan meningkatkan kinerja polisi lalu lintas sesuai dengan visi misi Promoter, yakni profesional, modern, dan terpercaya.

Selain itu juga diperlukan manajemen keselamatan jalan, jalan berkeselamatan, kendaraan berkeselamatan, dan penanganan pascakecelakaan sebagai wujud negara hadir dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, ujar Wakapolda.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar