Ratusan sekolah di Ogan Komering Ulu terima dana BOS triwulan III

id Ratusan sekolah di Ogan Komering Ulu terima dana BOS Triwulan III,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, j

Ratusan sekolah di Ogan Komering Ulu terima  dana BOS triwulan III

Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu, Sumsel Teddy Meilwansyah. (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Ratusan sekolah dasar (SD) dan tingkat SMP di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerima pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan III tahun anggaran 2019.

"Surat perintah pencairan dana BOS triwulan III tahun ini sudah terbit dan dananya telah ditransfer ke rekening seluruh sekolah penerima bantuan sejak 21 Agustus 2019," kata Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu Teddy Meilwansyah melalui Kabid Tenaga Pendidik dan Kebudayaan, Asnilawati di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan, total sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang menerima dana BOS triwulan III tahun ini tercatat sebanyak 187 untuk tingkat SD negeri dan 14 swasta.

"Sedangkan untuk tingkat SMP ada sebanyak 52 sekolah negeri dan 12 swasta," katanya.

Dia menjelaskan, penggunaan dana bantuan dari pemerintah pusat tersebut harus mengacu pada ketetapan Kemendikbud sehingga dalam peruntukannya tepat sasaran.

"Dana ini digunakan untuk 11 item antara lain pengembangan perpustakaan, penerimaan siswa baru, kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler," katanya.

Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk rehabilitasi ringan gedung sekolah dan sanitasi sekolah, pembayaran honorarium bulanan serta pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan.

"Kemudian BOS juga diperuntukkan bagi pembiayaan pengelolaan sekolah, pembelian dan perawatan perangkat komputer dan biaya lainnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan," ujarnya.

Dia berharap, pihak sekolah yang menerima BOS dapat menggunakan dana bantuan tersebut dengan transparan dan tepat sasaran agar tidak tersandung hukum.

"Karena semua biaya pengeluaran yang menggunakan dana pemerintah harus dipertanggungjawabkan dengan baik,"demikian Asnilawati.