Lima kecamatan di Ogan Komering Ulu alami kekeringan

id kemarau,kekeringan,oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata pale

Lima kecamatan di Ogan Komering Ulu  alami kekeringan

Ilustrasi - Areal sawah di OKU kekeringan. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Lima kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang melanda sejak beberapa bulan terakhir.

"Musim kemarau tahun ini cukup panjang hingga beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten OKU ini mengalami kekeringan," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan lima kecamatan di OKU yang mengalami kekeringan air dampak kemarau meliputi Kecamatan Lubuk Batang, Semidang Aji, Sosoh Buay Rayap, Ulu Ogan dan Kecamatan Pengandonan.

Menurut dia, sebagian besar wilayah tersebut merupakan daerah areal persawahan sehingga kemarau berdampak pada tanaman padi petani yang membutuhkan air.

Bupati meminta kepada pihak terkait seperti Dinas Pertanian OKU untuk mengatasi masalah kekeringan tersebut dengan membuat embung, sumur bor, irigasi dan pompa air agar tanaman padi sawah mendapat persediaan air yang mencukupi.

"Dengan adanya embung, irigasi dan sumur bor atau pompa air tersebut sawah petani tidak kekeringan. Kemarau tahun ini mengancam sektor pertanian dan perkebunan," kata dia.

Selain itu, dampak dari musim kemarau juga kerap menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) akibat kekeringan yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten OKU.

"Menurut data kejadian bencana karhutla di Kabupaten OKU mulai dari kebakaran lahan hutan, cangkang sawit, kebun kayu medan dan kebun karet, semua ini sudah bisa diatasi," katanya.

Namun, seluruh instansi terkait dan satgas yang sudah dibentuk diminta agar tetap bekerja sungguh-sungguh dan saling bersinergi dalam mengantisipasi karhutla di wilayah setempat," katanya.*