Disnakan targetkan populasi sapi capai 11 ribu ekor

id ternak sapi,dinas peternakan oku,sapi baturaja,daging sapi,populasi sapi oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara

Disnakan targetkan populasi  sapi capai 11 ribu ekor

Ilustrasi - Peternak memberi makan sapi di sentra pengembangbiakan sapi di Jalan Soekarno Hatta Palembang, Sumsel. (ANTARA FOTO/ Feny Selly)

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan di tahun 2020 menargetkan populasi hewan ternak sapi di wilayahnya mencapai 11 ribu ekor anak sapi.

"Tahun ini saja periode Juni dan Juli tercatat sebanyak 1.000 ekor anak sapi yang sudah dilahirkan," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Timur, Tubagus Sunarseno di Martapura, Selasa.

Pada periode Oktober 2020 mendatang, dia menargetkan 11 ribu ekor anak sapi akan dilahirkan di seluruh kecamatan melalui gerakan massal singkronisasi etrus.

"Gerakan massal singkronisasi etrus ini adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk membuat sapi produktif menunjukkan gejala melalui inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik," katanya.

Menurut dia, untuk mencapai target tersebut pihaknya memberikan pelatihan teknis tematik peternakan kepada 30 orang petugas insiminator yang tersebar di 20 kecamatan di wilayah setempat.

Melalui pelatihan ini, dia berharap tidak ada lagi sapi indukan di seluruh peternakan di wilayahnya yang gagal melahirkan.

"Petugas insiminator bersertifikat ini siap mengawal singkronisasi tersebut yang melakukan IB atau kawin suntik," katanya.

Selain dibekali dengan keahlian, petugas insiminator ini juga wajib melakukan pemeriksaan kebuntingan pada sapi indukan secara rutin hingga melahirkan.

"Kami juga melakukan tindakan jika indukan sapi tidak bisa melahirkan normal, maka akan dilakukan operasi cesar," ujar dia.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar