Pemkot Palembang tebar 10.000 benih ikan ke Sungai Musi

id Sebar benih ikan, benih ikan patin, pemkot palembang sebar benih ikan patin, ekosistem sungai musi, sungai musi palemban,berita sumsel, berita palemba

Pemkot Palembang  tebar 10.000 benih ikan ke Sungai Musi

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda saat menebar ikan bersama siswa SMP setempat di Sungai Musi, Rabu (21/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang menebarkan 10 ribu benih ikan ke Sungai Musi bersama siswa SMPN 1 dan 13 setempat guna menjaga ekosistem yang masih terancam eksploitasi.

"Kami ingin memberikan pelajaran kepada anak-anak bahwa melestarikan ikan di Sungai Musi adalah kewajiban bersama, mereka sebagai generasi penerus punya tugas itu," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda saat menebar ikan di Sungai Musi, Rabu.

Ribuan benih ikan yang disebar merupakan jenis patin yang angka konsumsinya di Kota Palembang cukup tinggi dan menjadi jenis ikan paling banyak tekanan eksploitasi.

Penyebaran juga dimaksudkan untuk mengakomodasi ketergantungan masyarakat sepanjang aliran Sungai Musi yang masih menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari.

Pihaknya juga mengimbau para nelayan agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, jangan sampai benih yang sudah ditebar ini mati karena aktivitas tangkapan.

"Jangan lagi ada yang pakai setrum, nanti seluruh nelayan kami kumpulkan agar diberi pemahaman cara tangkap yang baik," tambah Fitri.

Sementara Sekretaris Dinas Perikanan Kota Palembang, Aris Munandar mengatakan bahwa pihaknya akan menambah sebaran benih ikan di Sungai Musi.

"Kemarin kami diminta Kementerian untuk menebar benih ikan jenis Belido dan Gabus, tetapi kami masih menunggu jadwal pasti untuk menebar benih ikan itu, nanti akan kita atur jadwal pelaksanaannya," tambah Aris.