Harga bawang putih di Bandarlampung normal

id Harga komoditas,Bawang putih,Lampung.Antaranews.com,Bandarlampung

Stok bawang putih milik pedagang di Pasar Kota Karang, Teluk Betung Timur, Bandarlampung, Selasa (20/08/2019). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Harga bawang putih di Bandarlampung stabil, meski komoditas lain mengalami kenaikan dan penurunan harga secara fluktuatif dalam beberapa minggu terakhir.

"Harga bawang putih saat ini Rp27.000 per kilogram jika, seperempat harga berkisar Rp14.000 masih tetap sama dengan minggu sebelumnya tidak terpengaruh kenaikan harga cabai ataupun daging", ujar Andi salah seorang pedagang sayuran di Pasar Cimeng, Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, harga bawang putih tidak mengalami kenaikan yang signifikan dan tetap stabil meskipun seminggu lalu sempat ada momen hari raya.

"Bawang putih harganya paling jarang naik. Sebelum Idul Adha saat harga cabai sempat naik, harga bawang juga pernah naik tetapi hanya naik berkisar Rp1.000 saja per kilogram. Tidak pernah naik banyak seperti cabai kalau bawang putih", katanya.

Menurut Andi, stabilnya harga bawang terjadi karena pasokan bawang putih tetap memenuhi permintaan pasar dan harga dari pasar induk tidak terlalu mahal.

"Harga di pasar induk masih terjangkau untuk pedagang di pasar, kita mengambil untung tidak banyak hanya sekitar Rp1.000 per kilogram jadi kita tidak menaikkan harga, karena kasihan konsumen komoditas lainnya saja sudah mahal kalau bawang di jual dengan harga mahal pengeluaran rumah tangga semakin besar", katanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Leman salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kota Karang, menurutnya harga bawang putih dalam kondisi stabil sejak satu minggu belakangan.

"Harga yang paling stabil itu harga bawang putih kalau menurut saya, karena dalam jangka waktu seminggu ini harga tetap pasokan juga aman",katanya.

Menurut Leman, tidak dapat dipungkiri harga bawang putih terkadang bagi konsumen sangatlah mahal ketika mengalami kenaikan, akan tetapi setelah adanya penambahan pasokan dari daerah lain harga bawang putih cepat sekali memulih dan stabil.

 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar