49 Caleg Palembang mulai persiapan pelantikan

id dprd, anggota dprd palembag, persiapan pelantikan dprd palembang, wakil rakyat, pelantikan dprd,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara

49 Caleg  Palembang mulai persiapan pelantikan

Arsip Rapat pleno penetapan hasil pileg 2019 Provinsi Sumatera Selatan, Senin (12/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 50 calon anggota legislatif yang terpilih menjadi anggota DPRD Palembang dalam Pemilu 17 April 2019 mulai melakukan berbagai persiapan untuk pelantikan yang dijadwalkan pada 30 September.

Salah seorang caleg terpilih M Normansyah dari Partai Gerindra di Palembang, Senin, mengatakan, sekarang mulai melakukan berbagai persiapan seperti mempersiapkan jas dan keperluan pelantikan lainnya serta berkoordinasi dengan pengurus partai.

"Alhamdulillah, KPUD telah menetapkan saya dan 49 caleg terpilih lainnya menjadi anggota DPRD Kota Palembang untuk masa bhakti 2019-2024," ujarnya.

Sementara sebelumnya Ketua KPU Sumsel, Kellya Mariana menjelaskan sesuai dengan hasil rapat pleno pihaknya menetapkan pelantikan anggota DPRD kabupaten dan kota dan DPRD Sumsel secara bertahap.

Pertama dilakukan pelantikan anggota DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) pada 16 Agustus 2019, kemudian OKU Selatan dan OKU Timur pada 19 Agustus, Lahat, Empat Lawang dan Pagar Alam 26 Agustus.

Pelantikan anggota DPRD Musi Banyuasin dan Banyuasin 11 September, Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir pada 18 September, Prabumulih, Muaraenim dan Pali pada 27 September, Lubuk Linggau, Musirawas, Muratara dan DPRD Palembang pada 30 September 2019.

Sedangkan pelantikan anggota DPRD Provinsi Sumsel dijadwalkan berlangsung pada 24 September 2019.

Sesuai dengan SK Nomor: 418/PL.01.9-kpts/1671/KPU-Kot/VIII/2019 ada sembilan parpol yang ditetapkan mengisi 50 kursi DPRD Palembang untuk periode 2019- 2024.

Partai Demokrat peraih kursi terbanyak di tingkat DPRD Kota Palembang yakni sembilan dari 50 kursi tersedia di enam daerah pemilihan.

Kemudian peraih kursi terbanyak kedua yakni Partai Gerindra memperoleh delapan kursi, dan ketiga PDI Perjuangan memperoleh tujuh kursi.

Berikut nama-nama caleg terpilih yang akan mengikuti pelantikan anggota DPRD Palembang pada 30 September 2019 yakni 9 orang Partai Demokrat : Zainal Abidin, Yuriana, M Arnisto, Muliadi, Pomi Wijaya, Aldestar, Ferry Anugrah, Chairudin Pelita, Ilyas Hasbullah.

Gerindra 8 orang : Adzanu Gentar, Nazili, Patra Wibowo, M Normansyah, Abdullah Taufik, Sri Wahyuni, HM Syukri Zen, Moch Akbar Alfaro.

PDI Perjuangan 7 orang: Duta Wijaya, Eddy Saad, RM Yusuf Indra Kesuma, Ali Sya'ban, M Firmansyah Hasan, Misobah HM Sahil, Alex Andonis.

PAN 6 orang: Fauzi Achmad, Sudirman, Kgs Ishak Yasin, Azhari Harris, Ruspanda Karibullah, Dauli.

PKB 6 orang : H Endar Himawan, Firmansyah Hadi, Siti Suhaepah, Sutami Ismail, Achmad Nawawi, Harya Prasthysta Endi Putra.

PKS 5 orang: Yulfa Cindosari, M Ridwan, Idrus Ropik, M Hibbani, Subagio Rachmat Sentosa.

Partai Golkar 5 orang : Doni, Ganefo Rohim, M Hidayat, Fahrie Adianto, Febby Anggi Pratama.

Partai Nasdem 3 orang: Ali Subri, Danu Mirwando, Donny Prabowo, dan PPP 1 orang : Paidol Barokah.