Bupati tegaskan harus tetap profesional meski tiga keluarga duduk di DPRD

id pelantikan 25 anggota dprd barut

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Barito Utara, Cipto HP Nababan ketika mengambil sumpah janji 25 orang anggota DPRD Barito Utara di gedung DPRD setempat di Muara Teweh, Senin (19/8/2019). (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah menegaskan dirinya tetap profesional meski tiga saudara kandung dan satu ipar duduk menjadi anggota DPRD setempat periode 2019-2024.

"Jadi bukan karena bersaudara, saya tetap profesional sebagai unsur pemerintah dan mereka sebagai unsur legislatif yang melakukan kontrol terhadap pemerintah daerah," kata Nadalsyah usai pelantikan 25 anggota DPRD Barito Utara (Barut) di gedung dewan setempat di Muara Teweh, Senin.

Ia mengaku telah menegaskan kepada kerabatnya bahwa apapun yang salah tentang pemerintah daerah, keluraganya tetap wajib mengontrol dan bisa memberikan masukan, yang salah pun jangan karena merasa saudara.

"Jadi kita tetap profesional, menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, karena memang amanah dari orang tua, kalau memang ada kemampuan berbuat baiklah untuk semua orang atau orang banyak. Nah ini jadi motivasi kami sekeluarga," kata Nadalsyah.

Keluarga bupati yang duduk menjadi anggota DPRD, yakni Hj Mery Rukaini (kakak kandung) yang menjabat Ketua DPRD sementara, Rujana Anggraini dan Hj Nety Herawati (keduanya adik kandung) serta Surianor (adik ipar).

Pelantikan 25 anggota DPRD yang merupakan hasil Pemilu serentak 17 April 2019 untuk masa bakti lima tahun ke depan ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Cipto HP Nababan pada rapat paripurna DPRD.

Rapat paripurna juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, unsur FKPD, Sekda Barito Utara Jainal Abiidin, kepala perangkat daerah, dan undangan lainnya.

"Kepada anggota DPRD Barito Utara yang baru saja mengucapkan sumpah janji, saya ucapkan selamat mengemban tugas dan amanah rakyat. Rakyat telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada saudara untuk menjadi wakilnya di DPRD Barito Utara," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati.

Ia juga berharap melalui pelantikan ini menjadi momentum mengawali kinerja DPRD Barito Utara untuk pengabdian kepada masyarakat di daerah ini dalam memberikan pelayanan dan menjaga amanah yang telah diberikan, sekaligus meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

"DPRD dan kepala daerah adalah mitra dalam melaksanakan berbagai program pembangunan. Kontrol dari DPRD juga sangat diharapkan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan tetap berjalan dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," katanya.

Nadalsyah juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian selama menjadi mitra Pemkab Barito Utara kepada mantan anggota DPRD Barito Utara.

"Semoga Allah SWT memberikan keberkahannya sebagai amal ibadah atas segala bentuk pengabdian yang telah diberikan,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Pada pelantikan tersebut dipilih Ketua DPRD Barito Utara sementara Hj Mery Rukaini dan Wakil Ketua sementara Parmana Setiawan.

Anggota DPRD yang dilantik yaitu daerah pemilihan (Dapil) Barito Utara I terdapat sembilan anggota dewan yakni Hj Mery Rukaini, Parmana Setiawan, Rosi Wahyuni, Mustafa Joyo Muchtar,H Tajeri, H Abri, H Asran, Iqbal Reza Erlanda dan H Mulyar Samsi.

Dapil Barito Utara II ada enam anggota yaitu Sinaryati, Henny Rosgiaty Rusli,Edi Fran Aji, Jamilah, Hasrat dan Surianor. Untuk Dapil Barito Utara III ada empat anggota, yaitu Suhendra, Sunario, Wardatun Nur Jamilah dan Rujana Anggraini.

Dapil Barito Utara IV ada enam anggota, yaitu Benny Siswanto, Muhammad Haris Fitriady, Sastra Jaya, Hj Nety Herawati, Nuriyanto dan Riza Faisal.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar